Pandemi Covid-19, Masyarakat Kabupaten Tegal Diminta Jangan Hamil

Sabtu 13-03-2021,14:09 WIB

Masyarakat Kabupaten Tegal diminta untuk mencegah kehamilan saat pandemi Covid-19 seperti saat ini. Hal itu untuk menghindari penyebaran virus corona di Kabupaten Tegal.

Koordinator Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) Kecamatan Jatinegara Kabupaten Tegal Bahtiar Efendi, Sabtu (13/3) mengatakan, saat ini dilakukan pelayanan Intrauterine Device (IUD) dan implan kepada masyarakat di Puskesmas Jatinegara. Kesehatan reproduksi menjadi hal yang sangat penting bagi kaum perempuan, terlebih di masa pandemi Covid-19 seperti yang terjadi saat ini. 

"Karena itu, saya menyarankan agar para wanita yang sudah memiliki pasangan hidup supaya mencegah kehamilannya dengan cara ikut KB," katanya.

Pelayanan implan gratis di Puskesmas Jatinegara, tambah Bahtiar Efendi, merupakan program PAC Nahdlatul Ulama (NU) dan Muslimat NU di wilayah tersebut. Mereka juga bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal. Dalam program itu, pihaknya melayani lebih dari 60 orang yang ikut KB. Rinciannya, lepas implan 10 orang, lepas pasang 16 orang, pasang baru 43 orang dan IUD 4 orang. 

Kegiatan ini berjalan sukses. Petugas lapangan sangat mengapresiasi para petugas Puskesmas dan pengurus PAC NU serta Muslimat NU Jatinegara. (guh/ima)

Tags :
Kategori :

Terkait