Dua Bulan Terakhir, Musibah Tanah Bergerak di Sirampog Rusak Ratusan Rumah

Kamis 04-03-2021,20:35 WIB

Dalam dua bulan terakhir, ratusan rumah di Kecamatan Sirampog rusak akibat musibah tanah bergerak. Informasi yang diterima, dari Januari hingga Februari tercatat ada 203 rumah di Sirampog yang rusak akibat musibah tanah bergerak. 

Koordinator Satgas PB BPBD Brebes Budi Sudjatmiko mengatakan, 203 rumah yang terdampak akibat musibah tanah bergerak tersebut tersebar di enam desa di Kecamatan Sirampog. Keenam desa itu yakni, Desa Kaligiri 31 rumah, Mandala sembilan rumah, Sridadi 91 rumah, Plompong 30 rumah, Bumiwah 14 rumah dan Manggis 28 rumah. 

"Selama dua bulan terakhir, kami mencatat ada 203 rumah di Sirampog yang terdampak akibat musibah tanah bergerak," ujarnya. 

Dijelaskannya, untuk kerusakan pada ratusan rumah yang terdampak pada musibah tanah bergerak berbeda-beda. Ada yang sedang (retak-retak) ada juga rusak berat (roboh). Selain rumah, sarana pendidikan juga terdampak. Bahkan, ada ruang kelas yang rusak berat maupun sedang. 

"Untuk data pastinya ada di posko, Mas, saya kurang hapal. Yang jelas, kerusakan mulai dari retak-retak hingga roboh," jelasnya. 

Karenanya, dirinya tetap mengimbau kepada masyarakat terutama yang tinggal di pegunungan untuk selalu berhati-hati. Apalagi, hingga saat ini curah hujan masih tinggi. 

"Masyarakat kita imbau untuk tetap berhati-hati. Dan tetap berkoordinasi jika terjadi bencana," pungkasnya.(ded/ima)

Tags :
Kategori :

Terkait