125 Rumah Rusak Akibat Angin Kencang, TNI-Polri Kerahkan 1 SSK Pasukan

Jumat 26-02-2021,20:13 WIB

Bencana angin kencang yang melanda dua kelurahan di Kecamatan Margadana Kota Tegal pada Jumat (26/2) pagi mengakibatkan seratusan rumah mengalami kerusakan. Karenanya, TNI-Polri kerahkan pasukan untuk membantu proses perbaikan rumah yang terdampak. 

Kapolres Tegal Kota AKBP Rita Wulandari Wibowo mengatakan, bencana angin kencang terjadi di wilayah Kelurahan Kalinyamat Kulon dan Margadana. Peristiwa terjadi sekitar pukul 04.00 WIB berbarengan dengan turunnya hujan deras. 

"Untuk dampaknya di Kelurahan Kalinyamat Kulon sebanyak 44 rumah. Kemudian di Margadana lebih banyak lagi," katanya. 

Terkait itu, kata kapolres, pihaknya langsung menerjunkan anggotanya bersama TNI untuk membantu proses perbaikan rumah warga. Selain itu, juga bantuan makanan bagi warga yang terdampak. 

"Kami TNI-Polri akan bersinergi hadir di tengah masyarakat untuk membantu penanggulangan bencana," tegasnya. 

Dandim 0712/Tegal Letkol Inf. Sutan Pandapotan Siregar menambahkan, jumlah personel yang diterjunkan untuk membantu sebanyak 1 SSK (Satuan Setingkat Kompi). Nantinya, anggota dari Kodim dan Polres Tegal Kota langsung akan dibagi tiap rumah. 

"Kemudian untuk bantuan material, kita akan koordinasikan dengan instansi terkait dari pemkot," tegasnya. 

Selanjutnya, kata Dandim, perlu adanya sosialisasi kepada masyarakat terkait cuaca ekstrem sehingga bisa dilakukan langkah antisipatif. Utamanya terkait kesiapan, ketidakpanikan dan cara yang akan dikerjakan. 

"Kami juga mengimbau agar masyarakat melakukan upaya pencegahan dan antisipatif. Misalnya, dengan menata barang berharga dan dokumen penting dalam satu tempat. Sehingga jika terjadi yang tidak diinginkan bisa cepat diamankan," pungkasnya. (muj/ima)

Tags :
Kategori :

Terkait