Dua Desa di Kaki Gunung Slamet Diterjang Banjir Bandang

Senin 15-02-2021,07:40 WIB

Desa Desa Dawuhan dan Igirklanceng di Kecamatan Sirampog diterjang banjir bandang. Akibatnya seorang warga terluka dan empat sepeda motor hanyut.

Koordinator Satgas PB BPBD Brebes Budi Sujatmiko mengatakan banjir menerjang sejumlah pedukuhan. yakni Dukuh Pesanggrahan di Desa Igirklanceng, Dukuh Slemped, Dawuhan, dan Dukuh Igirgowok di Desa Dawuhan.

"Tidak ada korban jiwa, hanya saja terdapat satu warga terluka karena sempat terserat arus banjir dan mendapat perawatan di rumah sakit Bumiayu. Korban luka Kaisah warga RT 03 RW 03 Dukuh Pesangrahan Desa Igirklanceng," jelas Budi, Sabtu (13/2).

Dikatakan Budi, selain korban luka dan empat sepeda motor warga sempat hanyut, banjir bandang juga merusak talut di beberapa titik sepanjang jalan provinsi Brebes-Tegal. Tepatnya di Dukuh Dawuhan hingga Dukuh Slemped serta di jalan Kabupaten Dukuh Igirklanceng hingga wilayah Dukuh Pesanggrahan.

"Empat sepeda motor sempat hanyut kembali dapat ditemukan, selain itu juga terdapat kerusakan berupa talut pengaman hingga ambronya badan jalan," imbuh Budi.

Tidak berfungsinya kawasan hutan lindung sebagai daerah resapan air menyusul kerusakan yang telah terjadi, disinyalir memberi andil terjadinya banjir bandang di wilayah pegunungan ini. Pantauan di lapangan, kawasan hutan lindung banyak di antaranya sudah beralih fungsi menjadi lahan tanaman semusim seperti jenis sayuran.

"Kondisinya memang seperti itu, sehingga kami berharap kepad pihak terkait untuk segera mengkaji dampak dan risiko dari pengalihan lahan hutan produksi dan hutan lindung menjadi lahan pertanian ini," tandasnya.,

Sementara Kepala Desa Dawuhan Sudarsono menambahkan, upaya penangann darurat dilakukan dengan melibatkan sejumlah pihak mulai dari TNI/Polri, BPBD Brebes, relawan Kebencanaan bersama dengan warga masyarakat.

"Pembersihan berupa material tanah lumpur dan juga pepohonan kecil yang terbawa hanyut. Selain pada jalan pemukiman, juga dilakukan pembersihan saluran air yang tersumbat," jelasnya.

Kejadian bencana banjir tersebut, telah dilaporkan kepada pihak terkait melalui Kantor Kecamatan Sirampog dengan harapan adanya upaya penanganan lebih maksimal. Mengingat kejadian serupa dengan skala lebih kecil, sudah beberapakali terjadi di wilayah tersebut.

"Harapannya ada penanganan, sehingga kejadian serupa tidak lagi terulang," imbuhnya. (pri/zul)

Tags :
Kategori :

Terkait