Desa Kecipir Brebes Siapkan Rumah Isolasi Mandiri

Selasa 09-02-2021,20:57 WIB

Upaya penanganan dan pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19) tidak hanya dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes. Sejumlah desa hingga saat ini sudah melakukan berbagai upaya dalam pencegahan. 

Salah satunya, di Desa Kecipir Kecamatan Losari yang menyiapkan rumah isolasi bagi warga setempat yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Sekretaris Desa (Sekdes) Kecipir Sukarna mengatakan, persiapan rumah isolasi tersebut merupakan upaya pihaknya dalam mengantisipasi warganya yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan harus melaksanakan isolasi mandiri. Dari data yang diterima, ada beberapa warga Desa Kecipir yang sempat terpapar positif Covid-19. 

“Memang beberapa waktu lalu ada warga kami yang terpapar Covid-19, namun saat ini sudah sembuh. Untuk itu, rumah isolasi mandiri kami dirikan sebagai upaya pencegahan jika nanti ada warga kami yang tertular Covid-19,” ujarnya, Senin (9/2).

Dijelaskannya, selain mendirikan rumah isolasi, pihaknya juga memberlakukan check point di gerbang masuk desa setempat. Di mana, setiap masyarakat yang ke luar masuk desa setempat akan dilakukan pemeriksaan. Terutama dalam pengawasan kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan (prokes).

“Kami juga melakukan penyemprotan disinfektan dalam pencegahan penularan Covid-19,” jelasnya.

Ditambahkannya, dalam pelaksanaan upaya pencegahan penyebaran Covid-19, pihaknya juga bekerjasama dengan berbagai instansi dan lembaga. Baik itu, TNI-Polri, Karang Taruna, BPD dan masyarakat setempat.

“Kami juga telah menyiapkan lumbung pangan jika nanti mendesak dibutuhkan oleh masyarakat yang membutuhkan. Dan itu semua atas kerja sama semua pihak,” pungkasnya. (ded/ima)

Tags :
Kategori :

Terkait