Target 181 Juta WNI Divaksin di 2021, Luhut Panjaitan: Pengendalian Covid-19 Berpengaruh pada Kepercayaan Pasa

Jumat 05-02-2021,09:20 WIB

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menekankan pentingnya pengendalian COVID-19. Penanganan yang tepat diharapkan bisa menggerakkan roda ekonomi bangsa.

"Sudah diputuskan Presiden. Kita akan menarget daerah-daerah yang dianggap potensial ekonominya dan potensial terjadi kenaikan COVID. Akan diterapkan agar tidak terjadi pergerakan penduduk yang banyak. Sehingga dapat mencegah penularan," kata Luhut di Jakarta, Kamis (4/2).

Wakil Ketua Komite Kebijakan Pengendalian COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) tersebut menjelaskan pemerintah akan melakukan vaksinasi COVID-19 secara masif. Yakni dimulai pada minggu ketiga dan keempat Februari.

Dia berharap sepanjang 2021, target vaksinasi terhadap 181 juta orang bisa dikejar. Targetnya agar kekebalan komunal atau herd immunity dapat dicapai. "Kita berharap pada tahun ini akan bisa mendekati target 181 juta orang yang divaksin," tuturnya.

Mantan Menko Polhukam tersebut menilai upaya pengendalian COVID-19 yang dilakukan pemerintah akan sangat berpengaruh pada kepercayaan pasar. Hal ini diharapkan bisa mendorong ekonomi.

"Itu semua terkait. Antara vaksinasi, penanganan COVID-19, dan ekonomi. Kalau COVID-19 bisa dikendalikan dengan baik, maka pergerakan ekonomi juga akan bagus. Karena itu, disiplin 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak) adalah wajib. Semua pihak harus patuh dan melaksanakan protokol kesehatan secara benar," papar Luhut. (rh/zul)

Tags :
Kategori :

Terkait