154 PNS Diambil Sumpah Jabatan, Bupati Tegal: Saya Harap Ada Terobosan

Jumat 29-01-2021,20:44 WIB

Sedikitnya ada 154 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Tegal yang diambil sumpah jabatan sebagai pejabat fungsional. Bupati meminta para PNS 
untuk bekerja profesional, termasuk juga harus inovatif dan adaptif terhadap perubahan yang cepat dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan pelayanan publik. 

Bupati Tegal Umi Azizah, Jumat (29/1) mengatakan, 154 PNS sebagai pejabat fungsional di lingkungan Pemkab Tegal hasil pengadaan CPNS Pemkab Tegal tahun 2018. Pelantikan dipusatkan di Pendapa Amangkurat. Sebagai pejabat fungsional, dirinya mengimbau agar selalu membantu dan ikut serta menjadi bagian yang mengakselerasi kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam merespon berbagai tuntutan kebutuhan layanan dan harapan masyarakat yang terus meningkat. Terlebih, di saat pandemi covid-19 ini, PNS juga harus bekerja ekstra dengan cara-cara yang tidak biasa. 

"Saya harap ada terobosan, ada inovasi seperti halnya guru yang cepat mendisrupsi pola-pola pembelajaran dan pengajarannya yang berbasis daring," tambahnya.

Keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan daerah dan pelayanan publik, lanjut Umi Azizah, sangat bergantung pada kemampuan aparatur di setiap OPD yang secara cepat mampu memberikan layanan terbaiknya dan mampu memberikan analisis serta kajian di unit kerjanya. 

Untuk itu, pola komunikasi digital dan penggunaan aplikasi berbasis teknologi informasi harus dapat dikuasai dan diterapkan di lingkungan kerja masing-masing PNS.

"Penggunaan aplikasi berbasis teknologi informasi akan mempermudah tugas-tugas saudara, membuka akses informasi publik dan memudahkan saya dalam hal pemantauan," terangnya. 

Di samping itu, penggunaan sistem informasi manajemen yang tepat akan mencegah terjadinya keterlambatan pelaporan dan meminimalisir terjadinya penyimpangan atau penyalahgunaan anggaran. (guh/ima)

Tags :
Kategori :

Terkait