Hanya Separuh Lebih, Jatah Vaksin Sinovac di Puskesmas Jatinegara Masih Kurang

Rabu 27-01-2021,19:25 WIB

Pembagian vaksin Sinovac di wilayah kerja UPTD Puskesmas Jatinegara Kabupaten Tegal masih kurang. Vaksin yang baru diterima di Puskesmas Jatinegara hanya 45 vial. Padahal jumlah seluruh pegawai di sana ada 84 orang.

Kepala UPTD Puskesmas Jatinegara dr Ulinuha, Rabu (27/1) mengatakan, vaksinasi tenaga kesehatan di wilayah kerja UPTD Puskesmas Jatinegara dilaksanakan sejak tanggal  25 sampai 28 Januari 2021. 

"Memang betul, pembagian vaksin Sinovac di sini masih kurang 39 vial lagi. Tapi insya Allah nanti akan terpenuhi semua," katanya.

Sebelum dilakukan vaksinasi, tambah dr Ulinuha, tenaga kesehatan akan diperiksa melalui beberapa tahap. Pertama, meja satu untuk pendaftaran dengan menunjukkan data diri yaitu KTP. Sedang meja kedua adalah screening riwayat kesehatan dan kondisi pasien. 

"Untuk meja ke tiga, pemberian vaksin setelah lolos dari screening dan meja ke empat pencatatan dan observasi selama 30 menit," tambahnya.  

Bila selama observasi 30 menit, lanjut dr Ulinuha, ada keluhan atau tanda gejala kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) maka akan diberikan penanganan sesuai keluhan yang muncul. 

"Alhamdulillah pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas Jatinegara berjalan lancar. Pegawai yang divaksin tidak mengalami keluhan apapun," tambahnya. (guh/ima)

Tags :
Kategori :

Terkait