Jadi Ikon Wisata, Operator Kapal Waduk Cacaban Diberi Bimbingan Teknis

Rabu 19-08-2020,19:53 WIB

Pemkab Tegal bersama Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Transportasi Sungai, Danau dan Penyeberangan Dirjen Perhubungan Darat, menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Operator Kapal Sungai dan Danau dan penyerahan bantuan berupa pelampung dan jaket keselamatan.

Kegiatan yang ditempatkan di Obyek Wisata Waduk Cacaban ini dihadiri Wakil Bupati Tegal Sabilillah Ardie. 

Wakil Bupati Tegal Sabilillah Ardie, Rabu (19/8) mengatakan, kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman kepada operator kapal sungai dan danau. Hal ini merupakan bagian dari ikhtiar dan upaya bersama guna menghadirkan sarana transportasi air yang layak, aman dan selamat.

“Terlebih keberadaan sarana transportasi kapal atau perahu di Waduk Cacaban sudah menjadi ikon dan daya tarik utama bagi wisatawan yang berkunjung ke Waduk Cacaban,” katanya. 

Tidak sedikit pengunjung, tambah Sabilillah Ardie, yang memanfaatkan sarana transporasi air untuk kepentingan memancing. Untuk itu sangat penting mewujudkan kelaikan sarana angkutan sungai dan danau beserta perlengkapan keselamatannya. 

"Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para operator kapal, sebagai bekal pengetahuan tentang pentingnya keselamatan penumpang sebagai elemen terpenting dari layanan transportasi," tambahnya.

Sementara itu, Dirjen Hubdar Basuki Wibowo 
menyampaikan, terjadinya kecelakaan pada umumnya disebabkan oleh faktor kelalaian manusia di samping aspek teknis dan alam. Karenanya, keselamatan menjadi tanggung jawab bersama guna mencegah dan menekan angka kecelakaan lalu lintas angkutan sungai, danau dan penyeberangan. 

Keselamatan merupakan hal yang harus diprioritaskan dalam penyelenggaraan tranportasi. Hal ini menuntut penyedia layanan tranportasi sungai dan danau untuk mengelola secara propesional. Karenanya perlu berupaya meningkatkan kesadaran pentingnya keselamatan secara terus-menerus, guna terciptanya lalu lintas angkutan danau yang tertib selamat lancar dan nyaman. (guh/ima)

Tags :
Kategori :

Terkait