Sakit Hati dan Terlilit Utang, Motif Sekdes Bawa Lari Uang BLT DD Rp231 Juta Lebih

Senin 03-08-2020,11:40 WIB

Polres Brebes berhasil mengamankan oknum sekdes di Desa Petunjungan Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes yang membawa kabur uang Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD), Selasa (28/7) lalu. Ternyata, oknum sekdes itu nekat, karena sakit hati dengan kepala desa (kades).

Salah satu motif pelaku itu terungkap saat Polres Brebes menggelar konferensi pers ungkap kasus tindak pidana di Mapolres Brebes, Senin (3/8). Kapolres Brebes AKBP Gatot Yulianto mengatakan, modus atau motif tersangka  membawa kabur uang BLT DD, lantaran sakit hati dengan kades Petunjungan.

"Selain itu, karena pelaku terbelit utang. Sehingga nekat melakukan aksi pencurian," terangnya.

Dijelaskan Kapolres, tersangka diamankan setelah polisi mendapatkan laporan dan pengembangan selama 1X24 jam. "Tersangka dimanakan di sebuah rumah kos yang ada di Kota Tegal. Saat ini pelaku ditahan di Rutan Mapolres Brebes," jelasnya.

Saat dilakukan penangkapan, lanjutnya, uang yang dibawa kabur tersangka sudah ada yang digunakan. Sehingga, uang yang diamankan oleh pihak kepolisian tinggal Rp122 juta. 

"Barang bukti yang kita amankan, di antaranya uang kurang lebih Rp122 juta. Kenapa tidak sesuai dengan uang yang dibawa kabur, karena sebagian uang sudah digunakan tersangka untuk kepentingan pribadi," tuturnya.

Tersangka oknum Sekdes Petunjungan berinisial IA (36) saat dikonfirmasi mengaku menyesali perbuatannya. "Saya menyesal," singkatnya. (ded/zul)

Tags :
Kategori :

Terkait