Terima Banyak Usulan Perbaikan Jalan Saat Musrenbang Jekutibanglor, Ganjar: Terus Bergerak Cepat

Terima Banyak Usulan Perbaikan Jalan Saat Musrenbang Jekutibanglor, Ganjar: Terus Bergerak Cepat

Ganjar Terima Banyak Usulan Perbaikan Jalan Saat Musrenbang Jekutibanglor.--

REMBANG, RADARTEGAL.COM - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo banyak mendapatkan usulan terkait infrastruktur khususnya perbaikan jalan saat Musrenbang di wilayah Jekutibanglor (Kabupaten Jepara, Kudus, Pati, Rembang dan Blora) di pendopo Kabupaten Rembang, Kamis 16 Maret 2023. Infrastruktur yang banyak diusulkan adalah perbaikan jalan.

Bupati Rembang, Abdul Hafidz mengatakan, kondisi jalan di wilayah Rembang banyak mengalami kerusakan. Dia menuturkan, sudah ada anggaran dari pemerintah pusat untuk perbaikan, namun masih kurang.

"Masih banyak jalan alternatif yang kondisinya rusak. Kebanyakan di daerah perbatasan dengan kabupaten lain. Seperti Jalan Sulang-Tritilan, jembatan penghubung Jatihadi dan lainnua. Kami berharap bantuan dari Pak Ganjar untuk pembangunan ini," kata dia.

Usulan terkait perbaikan jalan juga disampaikan Bupati Jepara, Kudus, Pati dan Blora. Selain itu, pembangunan RTLH, pengentasan kemiskinan dan lain-lain juga ikut diusulkan.

BACA JUGA:Bidan Desa Sidoharjo Berurai Air Mata saat Ganjar Respon Cepat Aduan Polindes dan Kesehatan Bumil

Menanggapi hal itu, Ganjar mengatakan sudah bergerak cepat untuk penanganan jalan rusak. Pihaknya telah mengkonsolidasikan seluruh kekuatan, baik dari provinsi, kabupaten hingga pemerintah pusat.

"Alhamdulillah kami sudah dibantu. Seperti jalan di Rembang ini akhirnya dapat ratusan miliar. Mudah-mudahan selesai tahun ini," katanya.

Selain Rembang, bantuan perbaikan jalan juga diberikan kepada daerah lain seluruh Jawa Tengah. Total sekitar Rp1,1 triliun bantuan yang diberikan pusat untuk perbaikan jalan di Jateng.

"Mudah-mudahan Musrenbang juga membuka mata kita semuanya termasuk dari DPRD agar politik anggaran kita nantinya, mesti disiapkan untuk mengarahkan atau mengantisipasi situasi seperti itu terulang. Maka tadi saya propose langsung, mungkin nggak ya teman-teman DPRD agar penanganannya lebih cepat. Kita lakukan APBD perubahan yang lebih cepat. Lebih maju," terangnya.

BACA JUGA:Gubernur Jateng Kebut Perbaikan Jalan Rusak di Batang dan Kendal

Dalam kesempatan itu, Ganjar juga menyampaikan, usulan masyarakat melalui e-Musrenbang sudah masuk 14.717 dengan total usulan anggaran Rp22,1 triliun. Nantinya, semua usulan itu akan diklasifikasi mana yang menjadi prioritas.

"Nanti akan ada desk, teknis sifatnya antar kabupaten kota prioritasmu yang mana, anggaran kita berapa. Sehingga pada saat itu nanti kami akan bisa tahu dari kemampuan yang ada itu berapa kemudian yang bisa diberikan, itu butuh keputusan politik," katanya.

Sebab lanjut dia, tidak mungkin semua usulan bisa dieksekusi. Rata-rata, pertahun rata-rata Rp6 triliun dari anggaran usulan yang bisa dikerjakan.

"Tapi tentu kami tidak tinggal diam. Sisanya nanti kami konsolidasikan dengan kekuatan lain. Bisa APBD, APBDes sampai APBN. Sebab pasti itu bisa kita selesaikan dengan kolaborasi semuanya," pungkasnya.

Sumber: