85 Siswa SMK YPT Tegal Digembleng Soal Kepemimpinan

85 Siswa SMK YPT Tegal Digembleng Soal Kepemimpinan

85 Siswa Pengurus Ospram PMR SMK YPT Kota Tegal mengikuti latihan dasar kepemimpinan.--

TEGAL, RADARTEGAL.COM - Sedikitnya 85 orang siswa SMK YPT Kota Tegal digembleng soal dasar kepemimpinan.

Pelatihan dasar kepemimpinan ini dilangsungkan Minggu, 6 November 2022 di lingkungan SMK YPT Kota Tegal di Jalan Dr. Setiabudi Kelurahan Panggung, Kecamatan Tegal Timur.

Ketua Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Pengurus Ospram PMR SMK YPT, Siti Sundari SPd mengatakan, 85 peserta latihan dasar kepemimpinan ini merupakan para pengurus OSIS, Pramuka dan PMR (Ospram PMR).

"Latihan dasar kepemimpinan dibuka langsung oleh Kepala SMK YPT H. Revonda Andestiadi SPd MM," katanya.

BACA JUGA:Istri Ganjar Pranowo Lepas Suaminya Gowes Solo-Magelang bagi Penghobi di TDB 2022

Menurut Sundari, latihan dasar kepemimpinan bagi siswa pengurus Ospram PMR merupakan salah satu jalur pembinaan generasi muda.

Fokusnya pada kompetensi individu. Di mana kader-kader penerus bangsa bukan hanya sebagai slogan Pemuda Harapan Bangsa.

"Jadi bukan hanya slogan, tapi siswa benar-benar berkompetensi dalam hal kepemimpinan," tambahnya.

Disebutkan, hasil yang ingin dicapai dalam penyelenggaraan pelatihan dasar kepemimpinan bagi pengurus Ospram PMR, yakni untuk mengembangkan potensi peserta didik.

BACA JUGA:Ganjar Semangati Elite Race Tour de Borobudur: Mereka Teriak Berat, Tapi Tersenyum

Supaya menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri. Dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Meningkatkan pengetahuan, keterampilan serta kepribadian peserta didik sebagai calon pemimpin, dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi kepemimpinannya dengan baik.

"Peserta didik mempunyai kemampuan mengemukakan konsep dan gagasan serta dapat menerapkannya demi kemajuan organisasi dengan menerapkan prinsip KIS (koordinasi, integrasi, dan sinkronisasi)," jelas Sundari.

Sementara itu, saat membuka kegiatan Kepala SMK YPT H. Revonda Andestiadi SPd MM mengemukakan, kepemimpinan merupakan suatu kiat atau kewibawaan yang mampu menggerakan orang lain.

Sumber: