Bedah Cara Kerja Teknologi eSP+ di Honda PCX 160, Irittnya Kebangetan Bikin Hemat Pengeluaran
MESIN HONDA - Teknologi eSP+ di Honda PCX 160 benar-benar membawa perubahan signifikan dalam performa dan efisiensi motor ini. -(Foto: Iwan Banaran)-
Inovasi ini jelas menjadi salah satu faktor penting yang membuat PCX 160 menjadi motor skutik yang canggih di kelasnya.
2. Komponen Internal yang Dioptimalkan
Selain pembaruan di sistem katup, Honda juga menyempurnakan komponen internal pada PCX 160 agar bekerja lebih efisien. Salah satu contohnya adalah penggunaan hydraulic tensioner, yang berfungsi mengurangi gesekan serta suara berisik pada katup.
Dengan komponen ini, mesin berjalan lebih halus dan getaran yang biasanya terasa saat berkendara berkurang drastis. Kalian bisa merasakan pengalaman berkendara yang lebih nyaman tanpa gangguan suara mesin yang berisik.
BACA JUGA: Perbandingan Kelebihan Honda PCX 160 Termurah dan Termahal, Mana yang Cocok untuk Anda?
BACA JUGA: 5 Perbedaan Mencolok Honda PCX 160 Dibanding Model Sebelumnya, Gak Heran Berkendara Makin Asyik
Inovasi lainnya adalah penerapan piston oil jet, yaitu sistem yang menyemprotkan oli ke bagian dalam piston secara teratur. Ini membantu mendinginkan piston, sehingga suhu mesin tetap stabil dan terhindar dari knocking atau detonasi yang tidak diinginkan.
Teknologi ini juga mendukung pengaturan waktu pengapian yang lebih maju, sehingga mesin bekerja lebih efisien dan responsif.
Tidak hanya itu, Honda PCX 160 juga dilengkapi dengan kruk as rigid yang menggunakan roller bearing di bagian crankshaft. Fitur ini memungkinkan mesin berputar dengan lebih lancar karena mengurangi defleksi (pergeseran) pada crankshaft.
Dengan demikian, gesekan yang terjadi di dalam mesin berkurang, yang berarti mesin bisa bekerja lebih cepat tanpa banyak energi yang terbuang. Hal ini berkontribusi besar pada performa keseluruhan dan efisiensi bahan bakar PCX 160.
BACA JUGA: Honda Forza 125 2025 Tantang Nmax dan PCX, Jarak Tempuh Lebih Unggul, Ngacir 491KM Sekali Full Tank
3. Sistem Intake Udara yang Ditingkatkan
Sistem intake udara menjadi salah satu elemen penting dalam proses pembakaran mesin. Honda memahami hal ini dan memutuskan untuk menyempurnakan sistem intake udara pada PCX 160.
Dengan adanya rectifier atau penyearah, aliran udara yang masuk ke ruang bakar diarahkan dengan sangat presisi. Udara yang masuk menjadi lebih teratur, tanpa turbulensi yang mengganggu, sehingga pembakaran terjadi dengan lebih baik meski dalam kondisi throttle yang sempit.
Volume udara yang bisa ditampung oleh air cleaner juga diperbesar hingga 4,9 liter. Ini berarti mesin mendapatkan pasokan udara yang lebih banyak untuk proses pembakaran yang optimal.
Dengan udara yang cukup, pembakaran bahan bakar menjadi lebih sempurna dan efisien. Selain itu, ini juga membantu meningkatkan akselerasi saat kalian berkendara, memberikan performa yang lebih responsif.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: