Tips Merawat Mobil Paling Tepat Agar Tetap Awet

Tips Merawat Mobil Paling Tepat Agar Tetap Awet

Tips Merawat Mobil Paling Tepat--

radartegal.com - Merawat mobil secara rutin adalah kunci untuk menjaga performa dan memperpanjang umur kendaraan. Namun, banyak pemilik kendaraan yang tanpa sadar melakukan kesalahan yang dapat merugikan, hal ini perlu Anda ketahui tentang tips merawat mobil. 

Tips perawatan mobil harus diperhatikan dan diterapkan oleh setiap pemilik mobil.

Perawatan mobil ada yang harus dilakukan setiap hari, tetapi ada pula jenis perawatan yang bisa dilakukan setiap bulan atau dalam jangka waktu periode tertentu.

Lantas, apa saja yang harus dilakukan untuk merawat mobil? Berikut akan kami sajikan tips merawat mobil dengan tepat. Jangan lewatkan informasi menarik lainnya di artikel Radartegal. 

BACA JUGA: Pemula Wajib Tahu, Ini Tips Merawat Mobil Diesel agar Tetap Awet dan Tak Mudah Rusak

BACA JUGA: Jangan Abaikan, Berikut Tips Merawat Mobil untuk Mudik Lebaran 2024

Tips merawat mobil dengan tepat

1. Rutin Menyalakan atau Memanaskan Mesin Mobil

Tips Memanaskan Mobil: Seberapa Sering dan Lama Sebaiknya

Cara merawat mobil untuk pemula yang paling wajib dilakukan adalah rutin memanaskan mesin. Tindakan ini juga tetap perlu dilakukan minimal 3 kali dalam satu minggu meskipun mobil jarang digunakan.

Lebih baik lagi jika menyalakan mesin mobil setiap harinya kurang lebih selama 1 menit. Anda bisa memposisikan transmisi mobil di posisi netral tanpa menghidupkan pendingin/ AC.

Memanaskan mobil secara rutin dapat menage kualitas oli. Selain itu, oli dalam mobil juga tidak akan mengendap dan tetap melumasi setiap komponen mesin dengan baik. Mesin mobil pun tidak akan cepat mengalami kerusakan.

2. Memeriksa dan Lakukan Penggantian Oli

Perawatan rutin lainnya yang harus dilakukan adalah mengganti oli mesin mobil. Kenapa harus ganti oli mesin mobil? Tujuannya agar mesin atau komponen mobil lainnya dapat bekerja dengan lebih baik, sehingga performa mobil pun tetap optimal.

Sumber: