Hindari Dipermalukan Pinjol Ilegal, Lakukan 6 Cara Menghapus Data Pribadi Agar Aman dari Teror

Hindari Dipermalukan Pinjol Ilegal, Lakukan 6 Cara Menghapus Data Pribadi Agar Aman dari Teror

TEROR - Lakukan cara menghapus data pribadi agar Anda nyaman dan terhindar dari risiko teror yang berlarut-larut.--

radartegal.id - Pinjaman online (pinjol) ilegal kini menjadi perhatian masyarakat Indonesia, karena sering mempublikasi data nasabahnya. Itulah sebabnya banyak nasabah yang kuatir dan mencari-cari cara menghapus data pribadi yang telanjur diserahkan ke pengelola pinjol ilegal tersebut.

Saat ini tak terhitung orang yang terjebak layanan pinjol ilegal, yang sangat berpotensi merugikan penggunnya. Baik secara finansial maupun yang melibatkan risiko keamanan data pribadi, yang menjadi syarat saat pengajuan pinjaman.

Sehingga diperlukan upaya untuk melindungi data-data tersebut, dengan memanfaatkan cara menghapus data pribadi yang dapat kamu lakukan. Misalnya dengan menghapus jejak data KTP yang dijadikan syarat utama saat pengajuan kredit.

BACA JUGA: Pinjol Tanpa KTP Tidak Sebar Data Pribadi? Bisa Jadi, Tapi Harus Hati-hati Jika Ada Potensi Galbay

Cara menghapus data pribadi atau KTP dari pinjol ilegal

1. Lunasi Tagihan

Langkah pertama yang harus nasabah lakukan, yakni memastikan semua tagihan pada pinjol ilegal sudah terlunasi. Ini sangat penting agar tidak ada tanggungan keuangan, yang dapat digunakan menjadi salah satu alasan untuk menahan data pribadi milik nasabah.

2. Ajukan Permohonan Penghapusan

Kedua setelah memastikan tagihan lunas, berikutnya adalah mengajukan permohonan penghapusan data pribadi. Dari Permohonan ini kamu dapat mengajukannya melalui berbagai saluran, seperti email, surat, atau telepon.

Selanjutnya perlunya dan penting untuk kamu mencatat nomor referensi atau konfirmasi sebagai bukti sebuah pengajuan.

BACA JUGA: Aturan Pinjol Ilegal Terbaru, Marak Penyadapan dan Penyebaran Data Pribadi, Yakin Masih Mau Pinjam?

3. Uninstall Aplikasinya

Selanjutnya, lakukan Uninstall aplikasi pinjol ilegal dari perangkat ponsel adalah langkah praktis untuk mencegah akses yang tidak sah ke data pribadi. Lalu, jangan lupa lakukan dan pastikan untuk kamu membersihkan cache dan file sisa setelah penghapusan aplikasi pinjaman online.

4. Ganti SIM Card

Sumber: