Warga Terdampak Rob di Tegal Terima Bantuan dari Pemkot

Warga Terdampak Rob di Tegal Terima Bantuan dari Pemkot

Pj Walikota Tegal serahkan bantuan kepada warga terdampak rob di Tegal--

TEGAL, radartegal.id - Sejumlah warga terdampak banjir rob di Tegal menerima bantuan dari Pemerintah Kota (Pemkot) setempat. Bantuan, diserahkan secara simbolis Pj Walikota Tegal Dadang Somantri Jumat 5 Juli 2024 siang.

Saat memberikan sambutan, Dadang Somantri mengatakan pihaknya turut prihatin kepada semua warga yang terkena dampak langsung dari banjir rob. Peristiwa yang baru-baru ini melanda Kelurahan Muarareja Kecamatan Tegal Barat.

"Ini merupakan bentuk dukungan dan kepedulian dari Pemkot kepada warganya. Meskipun jumlahnya tidak besar, diharapkan dapat sedikit meringankan beban saudara-saudara kita yang sedang berjuang pulih dari musibah ini," katanya.

Pada kesempatan itu pula, Dadang mengingatkan agar semua pihak dapat bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan. Khususnya kebersihan saluran air yang ada di lingkungan masing-masing.

BACA JUGA: Tahan 30 Tahun, Proyek Pengendalian Banjir dan Rob di Semarang Ditarget Selesai Agustus

BACA JUGA: Banjir Rob Kian Parah, DPRD Kabupaten Pekalongan akan Panggil Instansi Terkait Bahas Percepatan Penanganan

"anjir rob adalah hasil dari berbagai faktor, termasuk perubahan iklim dan pengelolaan lingkungan yang tidak berkelanjutan. Mari kita bersama-sama tingkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan dan memperbaiki cara kita berinteraksi dengan alam," terangnya.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Tegal, Dian Andrianto dalam laporannya menyampaikan pemberian bantuan tersebut dilakukan dalam rangka mengoptimalkan bantuan kemanusiaan pasca bencana. Sebagai salah satu wujud hadirnya pemerintah dalam penanggulangan bencana. 

"Kami berharap kegiatan ini adalah mengurangi dampak buruk yang timbul akibat terjadinya bencana. Serta pemenuhan kebutuhan dasar bagi masyarakat terdampak bencana," ujar Andrianto.

Menurut Andrianto, bantuan yang diberikan yakni 100 paket sembako yang berisi 5 Kg beras, 5 bungkus mie instan, 1 kg gula pasir, makanan kaleng dan biskuit. 

Sementara itu, penyerahan bantuan terhadap warga terdampak banjir rob tersebut juga dihadiri sejumlah pejabat. Antara lain, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Tegal, Mohamad Afin, Kepala Pelaksana BPBD Kota Tegal, M. Mabbrur, Kapolsek Tegal Barat dan Danramil Tegal Barat dan Camat Tegal Barat.

Sumber: