Imbas Rupiah Melemah, Harga Mobil di Tahun 2024 Bakal Naik?

Imbas Rupiah Melemah, Harga Mobil di Tahun 2024 Bakal Naik?

Rupiah yang melemah terhadap dolar Amerika Serikat diprediksikan akan berdampak pada kenaikan harga mobil di tahun 2024.-berita tegal terkini-

radartegal.id - Harga mobil di tahun 2024 bakal melonjak? Akankah terus naik imbas Rupiah melemah

Sejak awal Juni 2024, nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat (AS) terus mengalami pelemahan. Per Senin (24 Juni 2024), nilai tukar rupiah dibuka pada Rp16.451 per dollar AS.

Pelemahan nilai tukar ini dikhawatirkan akan berdampak pada harga mobil di tahun 2024, yang diprediksikan akan mengalami kenaikan. Beberapa indikator menunjukkan bahwa kenaikan harga mobil di tahun 2024 sudah di depan mata.

Salah satunya adalah harga komponen impor yang sudah mulai naik. Komponen impor ini merupakan salah satu faktor utama yang menentukan harga mobil di Indonesia.

BACA JUGA: Apa Penyebab Harga Mobil Bekas Turun di 2024? Penurunan dari Rp5 Juta sampai Rp40 Jutaan

BACA JUGA: Mudik Lebaran Kelar, Berapa Harga Mobil LCGC Bekas? Ternyata Hanya Dibandrol Segini Loh

Dampak Pelemahan Rupiah terhadap Harga Mobil

Pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS secara langsung akan meningkatkan harga komponen impor mobil. Hal ini dikarenakan harga komponen tersebut dibeli dengan dollar AS.

Kenaikan harga komponen impor ini pada akhirnya akan diteruskan kepada konsumen dalam bentuk kenaikan harga mobil.

Seberapa Lama Harga Mobil Dapat Ditahan?

Masih belum diketahui secara pasti berapa lama harga mobil dapat ditahan agar tidak naik. Beberapa pihak memprediksi bahwa kenaikan harga mobil akan terjadi dalam waktu dekat.

Namun, ada juga yang prediksi bahwa kenaikan harga mobil baru akan terjadi pada akhir tahun 2024 atau bahkan di tahun 2025.

Sumber: instagram @cvt.indonesia