5 Mitos Bunga Kenanga Menurut Primbon Jawa, Bikin Penglaris Dagangan?

5 Mitos Bunga Kenanga Menurut Primbon Jawa, Bikin Penglaris Dagangan?

Mitos bunga kenanga--Tangkap layar YouTube Malas Baca

radartegal.id- Bunga kenanga identik berwarna hijau ketika masih muda dan akan berwarna kuning setelah tua. Bunga yang satu ini kerap ditanam di pekarangan rumah dan bahkan dikait-kaitkan dengan mitos bunga kenanga.

Bunga ini kerap dijadikan media untuk berbagai ritual budaya seperti dalam upacara pernikahan, ziarah kubur, sarana pengobatan hingga ritual-ritual yang berbau mistis. Maka tidak heran kalau mitos bunga kenanga masih dipercaya oleh masyarakat Jawa.

Selain itu mitos bunga kenanga dipercaya dapat membuat laris dagangan. Lalu apakah benar demikian?

Dikutip dari kanal YouTube Malas Baca berikut ini daftar 5 mitos bunga kenanga dari primbon Jawa. Jangan lupa membaca artikel ini supaya kamu mendapatkan wawasan baru.

BACA JUGA:7 Mitos Pohon Pisang di Depan Rumah, Konon Menjadi Tempat Tinggal Sosok Menakutkan Ini

BACA JUGA:5 Mitos Unik Seputar Hewan di Berbagai Belahan Dunia dan Sering Ada dalam Buku Cerita Anak

5 Mitos Bunga Kenanga 

1.Penangkal santet dan guna-guna 

Untuk pertama mitos bunga kenanga dipercaya mampu menangkal santet, guna-guna maupun ilmu hitam lainnya. Jadi apabila ada sebuah rumah pekarangannya ditanami dengan bunga kenanga konon rumah tersebut akan terlindungi dari segala sesuatu hal gaib yang akan menyerang isi penghuni rumah.

2. Membuat enteng jodoh

Tidak hanya hal mistis saja, konon katanya seseorang yang menanam bunga kenanga di pekarangan rumahnya diyakini bisa membuat anak gadis di rumah tersebut menjadi enteng jodoh. Apalagi jika bunga tersebut dirawat dengan baik.

Kalau dipikir-pikir secara logika mengenai mitos bunga kenanga dapat memuat enteng jodoh ada benarnya juga. Sebagaimana pada umumnya bahwa sebelum meminang gadis seorang laki-laki biasanya akan melihat kondisi rumah yang dihuni gadis incarannya.

Jadi kalau di rumahnya terdapat bunga-bunga indah, maka sudah barang tentu menggambarkan kepribadian si gadis yang bisa menjadi istri yang baik.

Sumber: youtube