3 Etika Menggunakan Klakson saat di Jalan, Gunakan Sesuai Kebutuhan ya

3 Etika Menggunakan Klakson saat di Jalan, Gunakan Sesuai Kebutuhan ya

Berikut ini etika menggunakan klakson saat berkendara.-(Ilustrasi interest)----

Radartegal.id - Ketika kita berkendara di jalan, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan agar perjalanan kita tetap nyaman dan aman. Salah satunya adalah menerapkan etika menggunakan klakson. 

Memang, klakson adalah alat yang sangat berguna untuk memberi isyarat kepada pengendara lain. Namun, penggunaannya tanpa memperhatikan etika menggunakan klakson bisa mengganggu orang lain dan bahkan menimbulkan ketegangan.

Jadi, yuk kita bahas tiga etika menggunakan klakson saat di jalan agar kita bisa menjadi pengendara yang lebih bijak dan sopan!

Etika menggunakan klakson saat di jalan

1. Menggunakan Klakson saat Malam Hari

Di malam hari, suara klakson yang keras bisa sangat mengganggu, terutama jika kita sedang berada di daerah pemukiman. Suara bising ini bisa mengganggu orang yang sedang beristirahat atau tidur.

Sebagai pengendara yang bertanggungjawab, ada baiknya kita menghindari penggunaan klakson pada malam hari kecuali dalam keadaan darurat.

BACA JUGA: Asal Usul Nama Klakson Kendaraan, Merk Dagang dari Bahasa Yunani ke Jalan Raya

BACA JUGA: Mengungkap Arti Nama Mobil di Indonesia, Cek Makna Kendaraan Kamu di Sini

Sebagai gantinya, kita bisa menggunakan lampu dim untuk memberikan isyarat kepada pengendara lain. Lampu dim bisa menjadi cara yang lebih sopan dan tidak mengganggu ketenangan malam.

Jadi, jika kalian berkendara di malam hari dan perlu memberi tahu pengendara lain tentang keberadaan kalian, coba gunakan lampu dim. Hal ini sebagai salah satu etika menggunakan klakson di jalan saat malam hari.

2. Menggunakan Klakson saat Menyalip Kendaraan

Saat menyalip kendaraan lain, seringkali kita merasa perlu menggunakan klakson untuk memberi tahu pengemudi lain tentang niat kita. Ini adalah tindakan yang wajar dan diperlukan untuk memastikan keselamatan. 

Sumber: