Anggota DPRD Sidak Pabrik Unggas di Brebes, Ini Hasilnya

Anggota DPRD Sidak Pabrik Unggas di Brebes, Ini Hasilnya

Anggota DPRD Brebes mengecek amdal pabrik unggas di Brebes dalam sidaknya beberapa waktu lalu.(Istimewa)--

BREBES, radartegal.id - Sebuah pabrik unggas di Kecamatan Banjarharjo di sidak oleh aggota DPRD Kabupaten Brebes, kemarin. Anggota DPRD dari Komisi III ini mengecek perizinan hingga amdal di pabrik tersebut.

Diketahui pabrik dibidang penetasan unggas (Ayam, Red) ini berada di Desa Parereja, Kecamatan Banjarharjo. Yakni, PT Charoen Pokphand.

Inspeksi mendadak dipimpin Wakil Ketua Komisi III DPRD Brebes Tobidin dan anggota lainnya seperti Waraskayanti, Mashadi dan Haryanto. Serta didampingi Dinas Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sampah (DLHPS) Brebes.

Wakil Ketua Komisi III DPRD Brebes Tobidin mengatakan, bahwa sidak dilakukan pihaknya sebagai fungsi pengawasan sebagai legislatif terhadap keberadaan pabrik yang telah beroperasi di wilayah Kabupaten Brebes. Selain mengecek perizinan, pihaknya juga memastikan kalau pekerja yang ada di pabrik itu warga Brebes.

BACA JUGA: Anggota DPRD Brebes Minta Pembangunan Jalan Jaga Mutu dan Kualitas

BACA JUGA: Bahaya Peredaran Obat Terlarang, Anggota DPRD Brebes: Sudah Menyasar ke Kalangan Siswa

"Kami melakukan cek and balance ke Charoen Pokphand, untuk menanyakan soal amdal. Kemudian kontribusi terhadap masyarakat setempat, dari pihak pabrik seperti apa? terutama terkait upah pekerja," ungkapnya kepada awak media.

Dari hasil pengecekan, perusahaan tersebut telah memenuhi persyaratan baik perizinan hingga analisa mengenai dampak lingkungan (Amdal). Serta sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Termasuk soal hak-hak karyawan juga sudah sesuai aturan yang berlaku, dari soal gaji karyawan, kesehatan hingga hak-hak perempuan juga mendapatkan cuti hamil," ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, pihaknya menyempatkan berdialog sengan karyawan di pabrik tersebut. Mereka, menanyakan kepada karyawan untuk memastikan kebenarannya soal hak-haknya yang diterima sebagai karyawan pabrik.

BACA JUGA: Sejumlah Ruas Jalan Mulai Diperbaiki, Anggota DPRD Brebes Ingatkan Jaga Kualitas

BACA JUGA: Pesan Anggota DPRD Brebes Usai Jabatan Kades Diperpanjang

"Kami berharap pabrik ini bisa berkembang memperluas investasinya di wilayah Brebes selatan sehingga bisa memberdayakan warga lokal di Brebes selatan sebagai karyawan," jelasnya.

Sementara Sekretaris Dinas (Sekdin) DLHPS Brebes, Fajar Adi Nugroho menjelaskan, bahwa PT. Charoen Pokphand yang berada di ruas jalan Banjarharjo - Cikakak ini setiap 6 bulan sekali selalu melaporkan dari mulai uji air. Serta limbahnya.

Sumber: