6 Tanda Ban Mobil Sudah Harus Diganti, Bukan Hanya Permukaan Tak Rata Tapi Juga Tekanan Udaranya

6 Tanda Ban Mobil Sudah Harus Diganti, Bukan Hanya Permukaan Tak Rata Tapi Juga Tekanan Udaranya

6 tanda ban mobil sudah harus diganti-freepik-

radartegal.id – Semua pengendara wajib tahu tanda ban mobil sudah harus diganti, demi keselamatan berkendara. Meski terdengar sepele, namun komponen ini sangat penting dalam keselamatan di perjalanan.

Tanda ban mobil sudah harus diganti ini wajib diperhatikan, terutama bagi pengguna yang sering melintasi jalan yang ekstrem. Selain itu apalagi jika mobil digunakan dalam mobilitas tinggi.

Mengetahui tanda ban mobil sudah harus diganti ini berlaku pada jenis atau model apapun. Jadi semua pemilik kendaraan roda empat benar-benar harus memahami ciri-cirinya.

Selengkapnya berikut 6 tanda ban mobil sudah harus diganti yang bisa Anda lakukan. Pastikan simak pembahasan ini sampai akhir artikel.

BACA JUGA: Terjebak Macet Ternyata Bisa Menyebabkan Kampas Kopling Mobil Cepat Aus, Ini Penjelasannya

6 tanda ban mobil sudah harus diganti

Ciri-ciri ban mobil harus diganti penting dan jadi salah satu bagian dari pemeliharaan kendaraan. Tidak hanya demi keselamatan, namun juga agar kendaraan bisa lebih awet.

1. Ketebalan Tread

Anda bisa cek kedalaman tapak ban dengan alat ukur khusus. Jika tapak ban sudah habis atau kurang dari 1,6 mm maka ban perlu segera diganti.

2. Retak atau Robekan 

Tanda ban mobil sudah harus diganti selanjutnya jika ada retakan atau robekan di permukaannya. Jika memang ada retakan yang terlalu banyak atau robekan yang signifikan, ini bisa menjadi tanda bahwa ban sudah tidak aman dan Anda harus segera menggantinya.

3. Bentuk Tidak Rata

Kapan ban mobil harus diganti juga bisa dilihat dari bentuknya yang sudah tidak lagi rata atau simetris saat awal penggunaan. Cek apakah ada bagian ban yang terlihat lebih aus atau menonjol dari yang lain. 

Sumber: