10 Bacalon Walikota dan Wakil Walikota Tegal yang Mendaftar di PDIP Dikumpulkan dan Sepakat untuk Ini

10 Bacalon Walikota dan Wakil Walikota Tegal yang Mendaftar di PDIP Dikumpulkan dan Sepakat untuk Ini

Bacalon Walikota dan Wakil Walikota Tegal yang hadir dalam pertemuan yang diselenggarakan DPC PDI Perjuangan--

TEGAL, radartegal.id - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan mengumpulkan sejumlah bakal calon (Bacalon) Walikota dan Wakil Walikota Tegal, Selasa 4 Juni 2024 malam. Selain memperkenalkan diri, mereka juga bersepakat untuk mengikuti mekanisme penjaringan di Partai tersebut.

Ketua DPC PDI Perjuangan Edy Suripno usai pelaksanaan acara mengatakan pihaknya memang mengumpulkan Bakal calon walikota dan Wakil Walikota Tegal. Tujuannya, untuk mendekatkan hubungan emosional antar bacalon, sekaligus menyamakan pandangan terkait pilkada 2024 mendatang.

"Selain itu, kami juga menyampaikan mekanisme di PDI Perjuangan hingga rekomendasi keluar sangat terbuka. Sehingga, kia kumpulkan bacalonnya dan sampaikan dasarnya kemudian prosesnya," katanya.

Menurut Edy, hingga nanti rekomendasi turun, ada 3 tahapan yang akan dilakukan. Pertama adalah survei, untuk melihat dan memotret kesiapan dari sisi elektoral. 

BACA JUGA: Daftar Penjaringan Bacalon Walikota Tegal Pilkada 2024, Ketua PDIP: Prioritaskan RTLH dan Sertifikat Tanah

BACA JUGA: Walikota Tegal Periode 2019-2024 Dedy Yon Supriyono Ramaikan Bursa Penjaringan Bacalon di PKS

"Setelah itu ada fit and propertes, ini lebih mengerucut lagi. Kalau saat ini tahapan penjaringan, maka selanjutnya penyaringan melalui fit and propertest," ujarnya.

Berikutnya, kata Edy, ada psikotes dan wawancara terkait kesiapan dalam rangka menangkan Pilkada 2024 mendatang. Setelah itu selesai dikirim ke DPP sehingga rekomendasi keluar. 

"PDIP dalam kaitan Pilkada ini memiliki keterbukaan terhadap bakal calon. Semua berjalan linier, karena ini terkait dengan harapan masyarakat yang akan dipertaruhkan agar dapat dipertanggungjawabkan," tegasnya.

Terkait dengan survei, imbuh Edy, hanya akan dilakukan sekali dan DPP sudah mengantongi 12 lembaga survei profesional. Meski begitu, dari DPD kemungkinan akan menggunakan 1 lembaga untuk seluruh Jawa Tengah. 

BACA JUGA: Daftar Bacalon Wakil Walikota Tegal, Anggota DPRD: Jika PAN dan PDI Perjuangan Bergabung Bisa Menang Pilkada

BACA JUGA: Ikut Penjaringan Bacalon Walikota dan Wakil Walikota Tegal, Anggota DPRD Kota Tegal: Bukan Hanya Hajat Pribadi

Sedangkan untuk anggaran, ujar Edy, sekitar Rp130 juta yang dipikul bersama-sama bacalon. Dengan komposisi untuk bacalon Walikota 70 persen dan Wakil 30 persen.

Sumber: