Harga Bawang Putih di Brebes Mulai Naik, Kenaikan Capai Rp2.000

Harga Bawang Putih di Brebes Mulai Naik, Kenaikan Capai Rp2.000

Kepala Pasar Induk Brebes saat mengecek harga bawang putih ditingkat pedagang.(Istimewa)--

RADAR TEGAL - Harga bawang putih di Pasar Induk Brebes mulai mengalami kenaikan. Kenaikannya mencapai Rp2.000 per kilogramnya. Kenaikan mulai dirasakan pedagang bawang putih sejak habis lebaran kemarin.

Salah seorang penjual bawang putih di Pasar Induk Brebes Tris (39) mengatakan, kenaikan harga bawang putih sudah terjadi usai lebaran kemarin. Di mana, harga sebelumnya mencapai Rp35 ribu per kilogram (Kg) naik menjadi Rp37 per kilo.

Kenaikannya mencapai Rp2.000. Peningkatan sudah terjadi setelah lebaran kemarin, diungkapkannya saat ditemui di kios miliknya di Pasar Induk Brebes, 15 Mei 2024.

Tris menururkan, harga Rp37 ribu per kilo tersebut merupakan harga bawang putih biasa. Sentara untuk harga bawang putih jenis cutting mencapai Rp48 ribu per kilo. "Ngecer sih Rp48 ribu per kilo (jenis cutting). Kalau kemarin sih harganya Rp45 ribu per kilo," terangnya.

BACA JUGA:  Tembus Rp38 Ribu per Kilogram, Harga Bawang Putih di Bumiayu Brebes Merangkak Naik

Sementara itu, pedagang bawang putih lainnya di Pasar Induk Brebes Alifah menyebutkan saat ini harga masih dikisaran Rp36 ribu per kilo. "Belum ada (perubahan harga, Red). Saat ini dikisaran Rp36 ribu per kilo," jelasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Pasar Induk Brebes Ali Nurohman mengatakan, kenaikan harga bawang putih sudah ada sejak tiga hari yang lalu. Kisaran dari Rp35 ribu per kilo naik menjadi Rp37 per kilo. “Kenaikannya dua ribu rupiah,” ucapnya.

Dia menyebut, kenaikan harga bawang putih disebabkan stok saat ini berkurang. Sehingga, berpengaruh terhadap harga bawang di tingkat pasar tradisional. "Kata pedang itu sendiri yang menghubungi di Pasar Induk Kramatjatipun stoknya tidak ada," terangnya.

“Jadi untuk antisipasi jika ada kenaikan harga bawang putih, akan mengganggu Pemda (pemerintah daerah),” simpulnya. (*)

Sumber: