Cara Merawat Motor Bebek Agar Performa Terjamin, Selalu Cek Mesin Dan Pastikan Servis Setiap Bulan

Cara Merawat Motor Bebek Agar Performa Terjamin, Selalu Cek Mesin Dan Pastikan Servis Setiap Bulan

cara merawat motor bebek agar performa terjamin--

RADAR TEGAL - Cara merawat motor bebek agar performa terjamin menjadi pilihan utama saat berpergian jauh, agar tidak menimbulkan hal yang tidak diinginkan. Perhatikan beberapa cara dalam artikel ini.

Seperti halnya motor skutik, vespa matic, maupun jenis kendaraan bermotor lainnya, motor beber membutuhkan perawatan rutin. Lalu, seperti apa cara merawat motor bebek agar performanya terjamin.

Kendaraan yang jarang dirawat rentan mengalami masalah atau mogok saat mengaspal. Padahal, tak semua perawatan motor merogoh kocek dalam, beberapa justru hanya memerlukan rutinitas seperti cara merawat motor bebek.

Berikut cara merawat motor bebek agar performa terjamin, dan tidak mengalami turun mesin saat berkendara jauh. Perhatikan juga setiap bengkel yang Anda kunjungi untuk mengetahui letak kesalahannya.

BACA JUGA: 5 Tips Merawat Motor Listrik Agar Awet dan Nyaman, Performa Tetap Terjaga dan Awet

Cara merawat motor bebek agar performa terjamin

1. Cek kondisi rem cakram

Terletak di bagian depan motor, rem cakram lebih sering digunakan daripada rem tromol pada roda belakang. Sebagai bagian keamanan motor, rem cakram perlu dicek kondisi kampasnya, terlebih karena cepat habis. Bila sudah tidak berfungsi, kampas rem perlu segera diganti guna menjaga keselamatanmu dalam berkendara. 

2. Ganti oli

Bertugas menjaga mesin dari gesekan yang terjadi, oli perlu rutin diganti berdasarkan jarak tempuh motor. Semakin sering kamu menggunakan motor, maka penggantian oli bisa kurang dari tiga bulan. 

Jika oli sudah encer, segera lakukan penggantian menggunakan oli asli. Bila tidak, motor akan mengeluarkan asap hitam dan bau terbakar.  

BACA JUGA: 5 Cara Merawat Motor Matic Injeksi yang Jarang Diketahui Banyak Orang, Tampilan Serasa Baru Tanpa ke Bengkel

3. Cek kondisi aki 

Dibandingkan aki basah, aki kering cenderung lebih tahan lama. Meski begitu, keduanya perlu rutin dicek dan diisi. Cara merawat motor bebek ini bertujuan untuk memastikan kinerja sistem kelistrikan. 

Sumber: