Yamaha Grand Filano Super Irit, saat City Touring Capai 83,45 Km per Liter

Yamaha Grand Filano Super Irit, saat City Touring Capai 83,45 Km per Liter

--

RADAR TEGAL - Yamaha Grand Filano yang telah menggunakan teknologi hybrid membuktikan konsumsi BBM yang begitu hemat dengan menempuh jarak hingga 83,45 km/liter.

Pencapaian tersebut tercatat saat acara city touring Jogya – Solo pada 1 Mei 2024. Salah satu acara pada kegiatan tersebut adalah lomba hemat BBM yang diikuti seluruh peserta.

“Gokil abis... Konsumsi BBM Grand Filano tembus 83 km/liter. Gila ini, gokil abis,” teriak salah satu peserta saat pengumuman hasil lomba hemat BBM Grand Filano.

Dan hebatnya lagi, uji irit Grand Filano tidak seperti yang dilakukan selama ini, yang hanya menempuh jarak sekian kilo, atau hanya mengitari lapangan, atau hanya di jalur lurus yang telah disediakan.

“Rute yang kami lalui juga bukan rute kaleng-kaleng. Kami menempuh perjalanan dari Jogja menuju Solo. Eits, tapi jangan ngebayangin kami menggunakan jalur utama Jogja-Solo,” terang Irfan,salah satu peserta yang mengikuti aktivitas ini.

Chief DDS PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing DDS 3 Jawa Tengah dan DIY Paul Himawan mengatakan, rute uji irit konsumsi BBM Grand Filano ini memang tergolong diluar nalar karena tidak melalui jalur utama.

“Sengaja kami pilih jalur yang “nyleneh” alias jalur yang mungkin masih asing bagi peserta. Kenapa? Karena kami ambil jalur Jogja, hingga daerah Jogonalandi Kabupaten Klaten. Lepas Jogonalan, kami ambil jalur menuju daerah  Wedi, yang tembus ke Bayat,” ungkap Paul.

Setelah dari Bayat, peserta melanjutkan menuju Cawas dan Weru di Kabupaten Sukoharjo hingga Solo Baru, tambah Paul.

Dengan jalur yang “aneh” tersebut, peserta harus melalui beragam kepadatan lalulintas, terlebih saat memasuki pusat-pusat kota kecamatan. Sebut saja Wedi, Bayat, Cawas, Weru hingga Solo Baru, kepadatan lalu lintas sangat terasa.

Situasi jalan ramai padat memaksa paserta untuk sering memainkan gas dan rem yang berpotensi dapat menguras BBM

Paul mengungkapkan, dengan kondisi lalu lintas yang padat tersebut, Yamaha Grand Filano mampu menempuh jarak 83,45 km/liter.

Kami menggunakan pengujian sistem full to full, artinya, saat start tangki kondisi full. Setelah finis, kami isi full kembali sehigga kami akan mengetahui berapa liter atau banyak konsumsi BBM yang telah digunakan,” jelas Paul.

Dan perhitungan terakhir adalah dari total jarak tempuh dibagi dengan jumlah konsumsi BBM yang telah digunakan, maka akan diketahui berapa jarak yang bisa ditempuh dengan menggunakan BBM 1 liternya.

Teknologi Hybrid

Teknologi hybrid ini sebelum ada di Yamaha Grand Filano Hybrid Connected, sudah hadir di Yamaha Fazzio.

Teknologi hybrid ini bekerja dengan memaksimalkan fungsi Smart Motor Generator (SMG) yang sudah ada di mesin motor Bluecore Yamaha.

Sebelumnya SMG hanya berfungsi sebagai electric starter di motor, sekarang dimaksimalkan sebagai Hybrid Power Assist. SMG akan memberikan tenaga tambahan pada motor saat berakselerasi.

Starter Generator Control Unit (SGCU) juga disetting untuk mengaktifkan SMG saat motor berjalan.

Hybrid Power Assist akan aktif saat putaran mesin di atas 1.300 rpm dan otomatis mati setelah 3 detik atau saat rpm mesin mencapai 5.500 rpm.

Menariknya di Yamaha Grand Filano Hybrid Connected dan Yamaha Fazzio tidak menggunakan batterai lithium tambahan yang biasanya ada di teknologi hybrid konvensional.

Kedua motor ini hanya dibekali dengan aki konvensional Yuasa YTZ6V yang posisinya ada di bagasi jok untuk Yamaha Grand Filano Hybrid Connected. (*)

Sumber: