Apa Sih Penyebab Kompresor Mobil Bocor? Ternyata Ini Dia Biang Keladinya

Apa Sih Penyebab Kompresor Mobil Bocor? Ternyata Ini Dia Biang Keladinya

OTOMOTIF- Penyebab kompresor mobil bocor menjadikan ac dalam kabin mati dan tidak sejuk.-(Foto Pinterest)--

RADAR TEGAL - Hai guys! Pernah nggak sih kalian ngerasain AC mobil nggak dingin kayak biasanya? Atau malah mobil mengeluarkan suara aneh saat dinyalakan?

Nah, kalau iya, bisa jadi ada masalah di kompresornya lho. Kompresor merupakan komponen penting dalam sistem AC mobil yang berfungsi untuk memompa gas pendingin (freon) agar menghasilkan udara dingin. 

Namun, sama seperti komponen mesin lainnya, kompresor juga bisa mengalami kerusakan, salah satunya adalah kebocoran. Sebagai pengendara wajib bagi kita mengetahui penyebab kompresor mobil bocor.

Apa sih penyebab kompresor mobil bocor?

Tenang guys, nggak usah panik dulu. Kebocoran pada kompresor bisa disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya:

BACA JUGA: Volkswagen dan XPeng Resmi Collab, Hadirkan Mobil Listrik dengan Platform Baru Demi Perbaiki Pasar China

1. Seal rusak

Seal adalah komponen karet yang berfungsi untuk menahan tekanan freon di dalam kompresor. Seiring waktu, seal bisa getas dan aus, sehingga bocorlah freon. Hal ini biasanya ditandai dengan adanya oli kompresor di sekitar kompresor atau pada bagian bawah mobil.

2. Clutch rusak

Clutch adalah komponen yang menghubungkan kompresor dengan mesin mobil. Jika clutch rusak, kompresor tidak akan berputar dan freon tidak akan terpompa. Hal ini bisa menyebabkan AC tidak dingin dan kompresor mengeluarkan suara berisik.

3. Poros kompresor aus

Poros kompresor adalah bagian yang berputar untuk menggerakkan piston kompresor. Jika poros aus, piston tidak akan bergerak dengan lancar dan freon tidak akan terpompa secara optimal. Hal ini bisa menyebabkan AC tidak dingin dan kompresor mengeluarkan suara berisik.

4. Kebocoran pada pipa freon

Pipa freon adalah saluran yang menghubungkan kompresor dengan evaporator dan kondensor. Jika pipa freon bocor, freon akan keluar dan AC tidak akan dingin. Hal ini biasanya ditandai dengan adanya embun beku pada pipa freon.

Sumber: