Volkswagen dan XPeng Resmi Collab, Hadirkan Mobil Listrik dengan Platform Baru Demi Perbaiki Pasar China

Volkswagen dan XPeng Resmi Collab, Hadirkan Mobil Listrik dengan Platform Baru Demi Perbaiki Pasar China

Volkswagen dan XPeng Resmi Collab, Hadirkan Mobil Listrik dengan Platform Baru Demi Perbaiki Pasar China--Image Edit Using CorelDraw|Dimas Adi Saputra

RADAR TEGAL - Dalam sebuah langkah strategis untuk memperkuat posisinya di pasar EV China yang kian kompetitif, pabrikan otomotif asal Jerman Volkswagen dan XPeng asal lokal mengumumkan kolaborasi. 

Bentuk kolaborasi antara raksasa otomotif Volkswagen dengan XPeng menghasilkan platform mobil listrik terbaru yang disebut lebih hemat biaya produksi. Upaya ini dilakukan demi mendongkrak kepopularitas dan pemasaran mobil listrik di pasar China.

Platform baru ini akan menjadi basis untuk pengembangan berbagai model mobil listrik Volkswagen dan XPeng yang dirancang khusus untuk pasar China. Platform ini akan menggabungkan keahlian VW dalam teknologi otomotif tradisional dengan keahlian XPeng dalam teknologi kendaraan listrik dan perangkat lunak.

Kolaborasi ini diharapkan dapat membantu Volkswagen dan XPeng demi memperkuat posisi mereka di pasar mobil listrik CHina yang disebut akan terus berkembang pesar di masa mendatang.

BACA JUGA: 5 Keunggulan Toyota Yaris Cross, Bikin Konsumen Sulit Berpaling

Lebih dari itu pasar EV atau Electronic Vehicle di China saat ini menjadi pasar terbesar di dunia. Beberapa media otomotif juga menyebutkan bahwa pasar tersebut diprediksi akan terus meningkat beberapa tahun kedepan.

Platform hasil kolaborasi VW dan XPeng

Adapun untuk platform yang dihasilkan oleh kedua perusahaan otomotif ini diberi nama CEA atau China Electrical Architecture. Platform anyar ini dibuat oleh anak perusahaan VW, VCTC atau Volkswagen China Technology Company bersama CARIAD.

Platform kolaborasi ini juga menawarkan beberapa keunggulan antara lain kemampuannya dalam mengurangi biaya produksi mencapai 40 persen. Keunggulan ini didapat dari platform CEA sendiri yang dirancang dengan lebih sederhana dan modular.

Dengan perancangan sederhana dan modular, hanya membutuhkan lebih sedikit komponen dan lebih mudah untuk dirakit. Selain itu, platform CEA juga menggunakan bahan yang lebih murah dan proses produksi yang lebih efisien.

BACA JUGA: Hadir dengan Balutan Hitam, Kia Sonet Night Edition Siap Curi Perhatian! SUV Eksklusif untuk 100 Orang Saja!

Terlepas dari biaya produksi yang murah, platform CEA buah hasil kolaborasi Volkswagen dan XPeng ini dapat digunakan untuk mengembangakn berbagai jenis kendaraan listrik. Hal ini membuat platform CEA sangat ideal untuk pasar China yang memiliki permintaan yang beragam untuk kendaraan listrik.

Keunggulan lain dari platform ini ialah pengurangan 30 persen dalam jumlah unit kontrol elektronik. Hal ini dimungkinkan oleh arsitektur modular CEA yang menyederhanakan desain dan mengoptimalkan penggunaan komponen elektronik.

Lebih lanjut, CEA dilengkapi dengan sistem komputer terpusat dan struktur zonal sub-sistem. Kombinasi ini membuka peluang bagi Volkswagen untuk menghadirkan berbagai keunggulan bagi konsumen China.

Sumber: