Mahal, Harga Bawang Merah dan Cabai Keriting di Pasar Induk Brebes Tembus Rp50 Ribu

Mahal, Harga Bawang Merah dan Cabai Keriting di Pasar Induk Brebes Tembus Rp50 Ribu

MAHAL- Harga bawang merah dan cabai di Pasar Induk Brebes yang mahal membuat pedagang sepi pembeli. -EKO FIDIYANTO-Radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Harga bawang merah dan cabai keriting di Kabupaten Brebes masih tinggi. Padahal, daerah ini dikenal sebagai daerah sentra penghasil bawang merah terbesar di tanah air.

Harga bawang merah dan cabai keriting di sejumlah pasar di Brebes terpantau masih tinggi. Harganya tidak jauh berbeda dengan harga di pasar berbagai daerah lainnya.

Termasuk di Pasar Induk Brebes, Rabu, 1 Mei 2024, harga bawang merah kualitas super tembus Rp50 ribu perkg. Sementara kualitas di bawahnya masih di kisaran Rp45 ribu per kg. Untuk kualitas sedang harganya ada di kisaran Rp30 ribu per kilogram. 

Tati, 54 tahun, pedagang bawang merah Pasar Induk Brebes, mengatakan, harga normal bawang merah itu nyaris setengah harga sekarang. Saat normal, harga bawang merah hanya Rp25 ribu hingga Rp30 ribu per kg, untuk kualitas super.

BACA JUGA: Sempat Melonjak, ABMI Sebut Tren Harga Bawang Merah Turun Rp40 Ribu Sampai Rp50 Ribu

"Mahalnya harga bawang merah karena memang petani belum panen raya. Apalagi dampak dari musibah banjir beberapa waktu lalu, jadi harga masih tinggi," ungkap Tati.

Kenaikan harga bawang merah di pasaran sudah terjadi sejak sebulan lalu. Hingga saat ini, harga komoditas tersebut di pasaran tidak kunjung turun. 

Tingginya harga bawang merah di pasaran sangat mempengaruhi penjualan. Pembeli terpaksa banyak yang mengurangi jumlah pembeliannya. 

"Khususnya pembeli dari penjual makanan, yang biasanya belinya banyak saat ini berkurang jumlah pembelian bawang merahnya," ungkap Tati.

BACA JUGA: Pencurian Bawang Merah Rawan Terjadi, Ketua ABMI: Salah Satunya di Kecamatan Jatibarang

Tidak hanya bawang merah, harga cabai merah keriting saat ini di Pasar Induk Brebes mengalami kenaikan. Harga cabai tembus Rp40 ribu per kg. Padahal pekan lalu hanya pada kisaran Rp30 ribu.

Salah satu pedagang cabai, Ina, 58 tahun, menjelaskan, harga jenis cabai lainnya malah menurun. Untuk cabai hijau keriting dari Rp30 ribu per kg saat ini dijual Rp20 ribu per kg. Untuk harga cabai rawit merah kini dijual Rp40 ribu sampai Rp50 ribu.

"Yang naik hanya harga cabai keriting merah, sementara jenis cabai lainnya turun sejak seminggu ini. Mungkin karena pasokan cabai keriting merah berkurang dari jenis cabai lainnya," pungkasnya. (*) 

Sumber: