Ketahui Cara Agar Baterai Android Awet Seharian, Perjalanan Jauh Jadi Lebih Tenang

Ketahui Cara Agar Baterai Android Awet Seharian, Perjalanan Jauh Jadi Lebih Tenang

Cara Agar Baterai Android Awet Seharian.--

RADAR TEGAL – Bagi Anda pengguna HP Android, maka perlu mengetahui cara agar baterai  awet berjam-jam berikut ini.

Mengetahui cara agar baterai awet berjam-jam ini wajib Anda coba supaya baterai ponsel bisa tahan lama selama perjalanan jauh. Terutama bagi Anda yang tidak memiliki power bank.

Baterai sendiri merupakan komponen yang penting dari sebuah perangkat termasuk smartphone. Baterai dengan kapasitas yang besar dapat Anda gunakan dalam waktu yang lama. Berikut ini cara agar  baterai Android awet berjam-jam yang perlu Anda  ketahui.

Seperti yang Anda ketahui bahwa tidak semua ponsel Android dibekali dengan kapasitas daya  yang besar. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui cara agar baterai Android awet berjam-jam.

BACA JUGA: Trik agar Baterai Hp Awet Berhari-hari, Tak Perlu Ribet Nge-charge Lama Lagi!

Cara agar baterai android awet

1. Aktifkan Mode Pesawat pada HP Android Anda

Tahukah Anda bahwa mode pesawat ata Airplane Mode juga dapat diaktifkan untuk membuat baterai Android lebih awet, lho. Hal ini karena, koneksi internet diketahui dapat menguras baterai  HP.

Namun, dengan Anda mengaktifkan mode  pesawat maka koneksi  internet Anda secara otomatis akan offline. Cara yang satu ini dapat Anda lakukan ketika sedang perjalanan dan ketika Anda sudah tidak lagi membutuhkan koneksi internet HP.

2. Aktifkan Dark Mode pada Ponsel Android Anda

Apabila ponsel Android yang Anda gunakan mempunyai  layar AMOLED, maka gunakanlah  latar  belakang berwarna gelap.

BACA JUGA: 3 Hp Baterai 7000 mAh dengan Spek Gaming Terbaik, Main Game Seharian Kuat!

Sebab, dengan cara ini bisa membantu Anda dalam meningkatkan usia baterai karena layar AMOLED hanya menerangi piksel warna. Jadi, ketika piksel berwarna hitam atau gelap, maka secara otomatis memerlukan lebih sedikit daya sehingga cara ini dapat menjadi alternatif bagi Anda yang menginginkan baterai awet  seharian.

3. Gunakan Mode Hemat Daya pada Ponsel Android

Cara yang satu ini dapat menghemat daya secara otomatis, sehingga mampu mengurangi fungsi yang dapat menghabiskan masa pakai baterai.

Dengan fitur ini, akan membatasi kecepatan mesin hingga 70 persen dan dapat menurunkan kecerahan hingga 10 persen yang  bisa membuat baterai ponsel Anda jadi lebih tahan lama.

BACA JUGA: Tahan Seharian, Ini Rekomendasi Hp Vivo Murah Baterai Awet, Main Game Gak Khawatir LowBatt

4. Kurangi Kecerahan Layar HP Android

Jika Anda tidak ingin mengaktifkan mode hemat daya, maka Anda dapat mengurangi  kecerahan layar HP secara manual pada pengaturan, ya. Anda juga dapat menonaktifkan kecerahan otomatis karena fitur ini memang dirancang untuk bisa menyesuaikan kebutuhan.

5. Hindari Aplikasi yang Terus Berjalan

Cara selanjutnya yakni, Anda perlu menghilangkan aplikasi yang tidak dibutuhkan lagi. Hal ini  karena, aplikasi yang  terus  berjalan di latar  belakang  dapat menguras baterai HP Anda.

Anda bisa mengeceknya secara berkala untuk bisa mengetahui apakah terdapat aplikasi  yang terus berjalan. Apabila sudah tidak digunakan lagi, maka  hapus  atau  nonaktifkan aplikasi tersebut, ya.

BACA JUGA: Intip Spesifikasi Vivo T3X 5G yang Punya Baterai Besar Hingga 6000 mAh

6. Matikan Fitur GPS pada Ponsel Android

Tahukah Anda bahwa  cara  paling signifikan untuk menghemat baterai ponsel Anda yakni dengan mematikan sementara fungsi GPS seperti yang sudah dijelaskan dalam lama Developer Android, ya. Adapun cara ini  cukup mudah yakni buka pengaturan, pilih keamanan &  lokasi, kemudian geser tombol lokasi untuk menonaktifkan opsi ini, ya.

7. Matikan Wi-Fi pada Ponsel Anda

Wi-Fi diketahui dapat menguras baterai hp, apalagi jika menyalakan Wi-Fi yang tidak ada jaringannya. Hal itu bisa membuat ponsel terus bekerja dan baterai cepat habis.

Cara mematikannya dengan membuka Pengaturan> Jaringan & internet> Wi-Fi. Di bagian bawah preferensi WI-Fi, hapus centang pada opsi Nyalakan WI-Fi secara otomatis.

Selain Wi-Fi, bluetooth yang aktif juga dapat menghabiskan daya baterai.

BACA JUGA: Punya Baterai 5000 mAh, Inilah Spesifikasi Samsung Galaxy A25 5G Harga Rp3 Jutaan Layar Super AMOLED

Demikian ulasan mengenai cara agar baterai Android awet. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: