7 Jurus Andalan Selamatkan Hp Kemasukan Air Tanpa Merusak Komponen Internal yang Sensitif Air

7 Jurus Andalan Selamatkan Hp Kemasukan Air Tanpa Merusak Komponen Internal yang Sensitif Air

Cara menyelamatkan Hp kemasukan air yang jatuh ke kolam, Tips menyelamatkan Hp kemasukan air hujan, Langkah-langkah menyelamatkan Hp kemasukan air dengan cepat Hp kemasukan air, Hp kemasukan air solusinya apa, cara memperbaiki Hp kemasukan air, solusi Hp --Image Edit Using CorelDraw|Dimas Adi Saputra

RADAR TEGAL - Panik karena Hp Anda kemasukan air karena suatu kejadian yang tidak disengaja? Tenang, jangan langsung mengambil tindakan gegabah. Begini 10 cara menyelamatkan Hp kemasukan air dengan cepat dan tepat.

Kecelakaan smartphone seperti kemasukan air, memang menjadi hal yang lumrah terjadi. Hp kemasukan air dapat terjadi karena beberapa hal seperti tak sengaja jatuh ke kolam air, terkena hujan, dan lain sebagainya.

Kebanyakan orang mungkin langsung panik ketika Hp kemasukan air. Mungkin jika Hp sudah kemasukan Hp tidak ada cara untuk menyelamatkannya, hanya bisa berpasrah dengan keadaan.

Namun jangan langsung putus asa, karena dengan 10 langkah-langkah cepat dan tepat ini, dijamin Hp kemasukan air milik Anda dapat diselamatkan.

BACA JUGA: 5 Keunggulan HP Vivo V30 5G, Series Terbaru yang Buat Pesaingnya Ketar-ketir

Cara mengatasi Hp yang kemasukan air

1. Matikan Hp dan Cabut Semua Perangkat

Hal pertama yang mesti Anda lakukan ketika Hp Anda kemasukan air adalah dengan mematikannya terlebih dahulu. Hal ini untuk mencegah terjadinya korsleting listrik yang dapat merusakn komponen internal.

Selain itu, jika Hp sudah dimatikan alangkah lebih baiknya semua perangkat seperti charger, kabel data, dan kartu sim dicabut agar tidak rusak.

2. Keringkan Hp dengan Handuk atau Kain

Setelah dimatikan dan dicabut perangkat yang terpasang, Hp sudah bisa langsung dikeringkan menggunakan handuk atau kain yang bersih.

Tidak disarankan bagi Anda untuk mengeringkan Hp dengan alat pengering rambut atau hair dryer karena panas anginnya dapat merusak komponen internal Hp.

BACA JUGA: Ini Dia Konsumsi Bahan Bakar Toyota Alphard Hybrid, Termasuk Irit Nggak ya?

Alih-alih menggunakan hair dryer, Anda dapat menggunakan silica gel atau beras kering untuk membantu menyerap air yang tersisa di dalam HP. Masukkan HP ke dalam wadah kedap udara yang berisi silica gel atau beras kering selama beberapa jam.

Sumber: