Waspada Barang Tiruan, Begini Cara Cek IMEI iPhone yang Wajib Diketahui Agar Tidak Tertipu

Waspada Barang Tiruan, Begini Cara Cek IMEI iPhone yang Wajib Diketahui Agar Tidak Tertipu

Ilustrasi cara cek IMEI iPhone yang wajib Anda ketahui sebelum membeli.--

RADAR TEGAL - Mengenali dan mengintip cara cek IMEI iPhone yang wajib Anda ketahui. Dengan mengetahuinya, Anda tidak akan mudah tertipu dengan barang tiruan yang banyak beredar di pasaran.

Dengan mengetahui cara cek IMEI iPhone ini, Anda dapat membedakan manakah ponsel yang asli dan palsu sebelum memutuskan untuk membelinya.

Bagaimana cara cek IMEI iPhone? Mari ikuti dan simak ulasan yang telah kami himpun berikut ini, ikuti langkah-langkahnya dengan benar.

Pernahkah Anda merasa waswas ketika hendak membeli iPhone baru? Salah satu cara terbaik untuk menghindari barang palsu adalah dengan memeriksa nomor IMEI.

BACA JUGA: Pakai Bahan Rumahan, Begini Cara Menghilangkan Goresan di HP yang Baret-baret dengan Mudah

IMEI, atau International Mobile Equipment Identity, adalah identitas unik yang melekat pada setiap smartphone, termasuk iPhone. Dengan mengetahui cara cek IMEI iPhone, Anda dapat memastikan keaslian produk sebelum melakukan pembelian.

Sebelum kita masuk ke dalam detail pembahasan ini, penting untuk menyadari bahwa keaslian IMEI iPhone sangatlah krusial dan penting sekali.

Dengan IMEI yang valid, Anda dapat memastikan bahwa Anda tidak akan tertipu oleh barang tiruan. Tentu ini juga mencegah perbuatan para oknum jahat.

Jadi, mari kita ikuti langkah-langkah yang dapat membantu Anda memeriksa IMEI dengan benar agar tidak salah dalam pembelian, antara lain:

BACA JUGA: Cara Restart iPhone 7, 8, dan X dengan Mudah yang Masih Jarang Diketahui bagi Pemula

Cara cek IMEI iPhone



Sebelum Anda memutuskan untuk membeli iPhone, penting untuk memeriksa nomor IMEI. Berikut adalah beberapa metode yang dapat Anda gunakan:

1. Melalui Pengaturan Sistem iPhone

Cara termudah adalah melalui pengaturan sistem iPhone itu sendiri. Cukup buka 'Settings', pilih 'General', dan masuk ke 'About'. Di sana Anda akan menemukan nomor IMEI dari iPhone Anda.

Selain IMEI, Anda juga dapat mengecek ICCID menggunakan cara ini. Lakukan setiap langkah-langkahnya dengan benar agar hasilnya optimal.

2. Pemeriksaan Fisik

Nomor IMEI juga tertera secara fisik pada iPhone. Untuk melihatnya, Anda perlu membuka casing belakang dan melepas baterai. Biasanya, nomor IMEI akan terletak di dekat slot kartu SIM.

BACA JUGA: Cara Efektif Cek Keaslian iPhone dari Barang Tiruan dengan Mudah, Wajib Tahu Sebelum Membeli Agar tak Tertipu



3. Menggunakan Kode Khusus

Metode ini efektif untuk semua jenis ponsel, termasuk iPhone. Buka aplikasi panggilan telepon dan ketik kode *#06#. Layar akan menampilkan nomor IMEI smartphone Anda.

4. Melalui iTunes

Selain untuk mengelola musik, iTunes juga dapat digunakan untuk memeriksa IMEI iPhone. Sambungkan iPhone ke komputer yang telah diinstal iTunes.

Setelah terhubung, klik 'Library' pada iTunes untuk melihat data iPhone, termasuk nomor IMEI. Bagaimana, apakah Anda berhasil dengan melakukan cara ini?

Setelah Anda mendapatkan nomor IMEI, pastikan untuk memverifikasinya dengan informasi yang tertera pada dusbook iPhone. Nomor IMEI yang asli akan konsisten di berbagai tempat, termasuk fisik iPhone, dusbook, dan sistem.

BACA JUGA: Cara Perbaiki Volume HP yang Naik Turun Sendiri, Cukup Lakukan Beberapa Langkah Ini

Pentingnya Verifikasi IMEI

Mengetahui nomor IMEI adalah langkah awal yang penting dalam menghindari penipuan. Namun, tidak hanya cukup dengan mengetahui nomor IMEI saja.

Pastikan untuk memverifikasi nomor tersebut dengan menggunakan sumber yang terpercaya. Poin ini sangat penting dan jangan dilupakan untuk keabsahan ada ponsel yang akan Anda miliki.

Salah satu cara untuk memastikan keaslian produk adalah melalui website resmi seperti http://www.imei.info. Cukup masukkan nomor IMEI yang Anda miliki, dan situs akan memberikan informasi lengkap tentang perangkat Anda.

Jika informasi yang ditampilkan tidak sesuai dengan perangkat Anda, maka kemungkinan besar itu adalah tanda bahwa iPhone tersebut palsu.

BACA JUGA: Cara Restart iPhone yang Bermasalah tanpa Tombol dan Melalui Sistem yang Perlu Diketahui

Dalam dunia yang dipenuhi dengan barang palsu, penting bagi kita untuk tetap waspada saat melakukan pembelian, terutama untuk barang elektronik seperti iPhone.

Dengan mengetahui cara cek IMEI iPhone, Anda dapat memastikan keaslian produk sebelum melakukan pembelian. Ingatlah untuk selalu memverifikasi nomor IMEI dengan sumber yang terpercaya, dan jangan ragu untuk bertanya kepada penjual jika Anda memiliki keraguan.

Demikian cara cek IMEI iPhone yang wajib Anda ketahui sebelum memutuskan untuk membelinya, semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam melakukan pembelian.(*)

Sumber: