Kenali Jenis-jenis dan Cara Cek Garansi iPhone Agar Tidak Gagal Paham, Simak Selengkapnya

Kenali Jenis-jenis dan Cara Cek Garansi iPhone Agar Tidak Gagal Paham, Simak Selengkapnya

Ilustrasi jenis-jenis dan cara cek garansi iPhone yang wajib Anda ketahui untuk klaim kerusakan.--

RADAR TEGAL - Mengenali jenis-jenis dan cara cek garansi iPhone yang wajib Anda ketahui. Dengan mengetahuinya, Anda tidak akan gagal paham dalam mengklaim ponsel kesayangan.

Pada zaman di mana iPhone menjadi salah satu perangkat paling dicari, memastikan keaslian dan garansi perangkat menjadi hal krusial.

Dalam hal ini, pemahaman tentang jenis-jenis garansi iPhone menjadi kunci utama dalam pemilihan ponsel terbaik. Apalagi iPhone akan menjadi andalan Anda di setiap kebutuhan aktivitas sehari-hari.

Ketika hendak membeli iPhone, memahami garansi yang menyertainya adalah langkah penting untuk memastikan keaslian perangkat.

BACA JUGA: Cara Melakukan Tangkapan Layar pada iPhone Seri Baru dengan Mudah dan Cepat, Ikuti 4 Langkah Berikut

Dengan mengetahui jenis garansi yang berlaku, Anda dapat menghindari risiko membeli iPhone palsu. Artikel ini akan membahas berbagai jenis garansi iPhone yang ada serta cara efektif untuk memeriksanya.

Jenis-Jenis Garansi iPhone



Sebelum membahas cara memeriksa garansi iPhone, mari kenali jenis-jenis garansi yang umumnya ditemui di pasaran, antara lain:

1. Garansi Resmi

Garansi ini merupakan yang paling diakui, diberikan langsung oleh Apple kepada distributor resmi di suatu negara. Di Indonesia, distributor resmi Apple akan menyediakan garansi untuk produk asli Apple dalam jangka waktu tertentu.

Untuk memperolehnya, Anda perlu membeli perangkat Apple dari gerai resmi Apple atau authorized reseller. Keunggulan garansi resmi adalah cakupannya yang internasional, artinya klaim bisa dilakukan di berbagai negara.

BACA JUGA: Penyebab Senter HP Tidak Menyala dan Cara Memperbaikinya dengan Mudah, Ikuti Langkah-langkah Berikut

Namun, perlu diingat bahwa untuk beberapa seri tertentu, klaim garansi hanya berlaku di negara tempat perangkat tersebut dibeli.

2. Garansi Distributor

Berbeda dengan garansi resmi, garansi distributor diberikan oleh pihak yang memasukkan produk Apple secara tidak resmi ke Indonesia.

Meskipun demikian, garansi ini tetap memiliki keberlakuan, hanya saja klaimnya harus dilakukan kepada distributor tersebut, bukan ke service center resmi Apple.

Produk iPhone dari distributor seringkali ditawarkan dengan harga lebih murah. Namun, konsumen perlu waspada terhadap produk rekondisi yang seringkali disamarkan dengan garansi distributor.

BACA JUGA: Cara Perbaiki Volume HP yang Naik Turun Sendiri, Cukup Lakukan Beberapa Langkah Ini

Untuk memastikan keaslian perangkat, langkah-langkah verifikasi perlu dilakukan untuk menunjang proses dalam melakukan klaim garansi yang ingin Anda lakukan.

3. Garansi Toko/Penjual

Garansi ini umumnya berlaku untuk produk palsu, BM (Black Market), KW, supercopy, atau rekondisi. Biasanya, garansi ini hanya berlangsung selama satu bulan sejak tanggal pembelian dan didasarkan pada kepercayaan antara pembeli dan penjual.

Meskipun demikian, beberapa penjual yang bertanggung jawab akan mengakui tanggung jawab atas kerusakan produk dalam periode tertentu. Harga iPhone dengan garansi toko/penjual biasanya lebih terjangkau dibandingkan dengan versi resmi.

4. Garansi Internasional

Garansi ini menawarkan fleksibilitas paling luas, memungkinkan klaim garansi di authorized reseller Apple di seluruh dunia. Garansi internasional didapatkan saat pembelian dilakukan di luar negeri.

BACA JUGA: Cara Restart iPhone yang Bermasalah tanpa Tombol dan Melalui Sistem yang Perlu Diketahui

Cara Cek Garansi iPhone yang Efektif



Dalam menghadapi tantangan memastikan keaslian iPhone, langkah-langkah berikut dapat membantu Anda:

1. Buka menu ‘Settings’ di iPhone.
2. Pilih menu ‘General’.
3. Lanjutkan dengan memilih ‘About’.
4. Layar akan menampilkan serial number iPhone.
5. Kunjungi situs Apple dan masukkan serial number iPhone Anda.
6. Pilih opsi 'See your service and support coverage’ pada menu Service and Repair.
7. Layar akan menampilkan detail status garansi iPhone Anda.

Setelah memasukkan serial number, Anda akan diberikan informasi detail mengenai status garansi, termasuk tanggal pembelian dan masa berlaku garansi.

BACA JUGA: Tombol Power Mati? Jangan Panik, Begini Cara Menghidupkan HP Agar Bisa Menyala Lagi dengan Mudah

Jika ternyata garansi sudah habis padahal perangkat baru saja dibeli, perlu dicurigai keaslian perangkat tersebut. Nah, inilah pentingnya melakukan pengecekan. Mengerti jenis-jenis garansi iPhone dan cara efektif dalam memeriksanya adalah langkah penting dalam memastikan keaslian dan kualitas perangkat.

Dengan demikian, Anda dapat membeli iPhone dengan keyakinan dan tenang, tanpa khawatir akan masalah garansi di kemudian hari yang tentu akan menjadi beban.

Demikian pembahasan jenis-jenis dan cara cek garansi iPhone yang wajib Anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam proses klaim garansi ponsel.(*)

Sumber: