Terdampak Longsor, Aliran Jaringan Distribusi Utama PDAM Brebes Terganggu

Terdampak Longsor, Aliran Jaringan Distribusi Utama PDAM Brebes Terganggu

Petugas saat melakukan perbaikan pipa PDAM yang rusak akibat terdampak longsor.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Musibah longsor terjadi di Dukuh Igir Tenjo dan Mlayang Luhur, Desa Mlayang perbatasan dengan Plompong, Kecamatan Sirampog. Akibat bencana tersebut, Jaringan Distribusi Utama (JDU) PDAM Tirta Baribis Brebes terdampak.

Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Baribis Kabupaten Brebes adalah Agus Isyono melalui Ahmad Zaeni selaku Direktur Operasional membenarkan, ada jaringan distribusi utama PDAM Brebes yang terdampak akibat longsor tersebut. Akibatnya, jaringan aliran air ke konsumen terhambat.

"Sebelumnya, (dua minggu yang lalu) juga mengalami masalah yang sama. Kami berusaha melakukan perbaikan dengan meminimalisir resiko yang ada," ungkapnya.

Dia menjelaskan, jalur tersebut merupakan akses yang bisa dilalui jaringan perpipaan. Karena terdampak longsor, pihaknya mengucapkan permintaan maaf akibat terhambatnya aliran air bersih akibat jaringan distribusi utama PDAM Brebes terganggu.

BACA JUGA: Tunggakan Pelanggan Capai Rp1,3 Miliar, PDAM Brebes Ancang-ancang Gandeng Kejaksaan

"Mohon pengertiannya dan memohon maaf atas ketidaknyamanannya. Semoga perbaikan ini bisa segera selesai, sehingga aliran bisa kembali normal," ucapnya.

Dia berharap, ke depan pihaknya akan mapping dan mengidentifikasi jalur alternatif guna menghindari resiko. Sehingga, tidak ada lagi kejadian yang serupa.

"Saat ini tim teknik kami sedang lansir pipa dan mesin genset untuk menyambung pipa tersebut. Mohon do'anya agar cuaca mendukung, sehingga pekerjaan cepat selesai dan air bersih segera didistribusikan ke pelanggan," tukasnya.(*)

Sumber: