Kunci Stang Motor Aerox 155 Bermasalah? Ini Penyebab dan Solusi Mengatasinya

Kunci Stang Motor Aerox 155 Bermasalah? Ini Penyebab dan Solusi Mengatasinya

Kunci stang motor Aerox 155 bermasalah-yamaha-motor.co.id-

Kunci stang Aerox 155 yang tidak bisa dikunci atau dibuka biasanya juga karena rusak akibat pernah kecelakaan atau tabrakan. Saat kecelakaan dan terjadi benturan, motor akan mengalami beberapa masalah di komponennya, termasuk segitiga roda depan.

Hal ini membuat gesekan atau adanya pergeseran yang membuat stang tidak lagi bisa dikunci dengan baik. Sementara itu, kunci stang atau kontak juga bisa mengalami kerusakan akibat kecelakaan.

3. Salah Pasang Komstir

Kunci stang motor Aerox 155 bermasalah bisa jadi juga karena salah pasang komstir. Contohnya penggunaan komstir yang tidak sesuai spesifikasi motor.

Hal ini membuat kesalahan di posisi lubang kunci stang motor, sehingga tidak bisa dikunci dengan baik. Tidak hanya itu, komstir yang tidak sesuai juga berdampak pada stabilitas dan performa motor saat dibawa berkendara.

BACA JUGA: Ganti Ban Motor Gak Harus Nunggu Bocor, Perhatikan 5 Kondisi Ini Dampaknya Bisa Bikin Kecelakaan

Ketebalan dan bentu komstir tentu tidak sama antara model motor. Inilah yang membuat gangguan pada mekanisme kunci stang dan juga kunci kontaknya. 

Cara mengatasi kunci stang bermasalah

Setelah Anda tahu apa saja penyebab yang membuat kunci stangnya tidak berfungsi dengan baik, maka ketahui juga sejumlah solusinya. Berikut diantaranya.

1. Jika masalah pada kunci kontak, Anda harus pastikan dulu sebenarnya apa yang menyebabkan kunci stang rusak. Apakah memang faktor penggunaan motor yang sudah lama, adanya aus pada bagian tersebut atau masalah kelistrikan internal.

Jika hanya sekedar macet tidak bisa diputar kanan atau kiri, Anda bisa coba berikan cairan penetran ke dalam lubang kunci. Biarkan dulu sebentar kemudian goyangkan perlahan kunci dan cabut perlahan.

BACA JUGA: Fungsi Behel Motor Matic Ternyata Jarang Ada yang Tahu, Bukan Hanya sekadar Pegangan untuk Boncengan

Setelah kunci berhasil tercabut, berikan lagi cairan penetran lebih banyak ke lubang kunci. Tujuannya agar kotoran di dalamnya bisa keluar.

2. Jika kunci stang motor Aerox 155 bermasalah karena adanya salah penggunaan komstir, tentunya harus segera diganti dengan membawanya ke tempat service. Pastikan untuk menggunakan komstir yang sesuai model dan tipe motor saja.

Begitu juga jika kerusakan terjadi akibat kecelakaan, Anda tinggal membawanya ke tempat service. Masalah ini tidak bisa ditangani sendiri, tidak seperti pada poin yang pertama.

Sumber: