5 Perawatan Wajib Motor Kopling 2 Tak Usai Dipakai Mudik, Bisa Dilakukan Mandiri Tanpa Harus Ke Bengkel

5 Perawatan Wajib Motor Kopling 2 Tak Usai Dipakai Mudik, Bisa Dilakukan Mandiri Tanpa Harus Ke Bengkel

5 Perawatan Wajib Motor Kopling 2 Tak Usai Dipakai Mudik, Bisa Dilakukan Mandiri Tanpa Harus Ke Bengkel--Image Edit Using CorelDraw|Dimas Adi Saputra

RADAR TEGAL - Usai mudik atau kembali ke kota perantauan menggunakan motor kopling 2 tak? Wajib lakukan 5 perawatan wajib ini. Berikut pembahasan lengkapnya bisa Anda simak melalui artikel dibawah.

Motor kopling 2 tak hingga sekarang masih menjadi sepeda motor yang memiliki cukup banyak peminat di Indonesia. Motor-motor seperti Ninja dan yang lainnya, bahkan masih sangat mudah dijumpai dijalanan.

Hal ini tidak terlepas dari pesona dan kelebihan yang dimiliki oleh motor kopling 2 tak yang berbeda dari motor-motor lain keluaran sekarang. Terlebih, motor 2 tak tersebut dijual lebih murah dalam kondisi bekas, sehingga menjadi pilihan yang tepat bagi yang punya budget terbatas.

Nah berhubung masih musim mudik usai lebaran, Adakah dari Anda yang melaksakanan mudik dengan motor kopling 2 tak. Jika ada, maka 5 perawatan ini wajib dilakukan usai memakai motor tersebut untuk mudik.

BACA JUGA:Cara Merawat Motor yang Baik Setelah Dipakai Mudik Lebaran, Berikut Ini Langkah-langkahnya

1. Periksa Oli Mesin dan Oli Gardan

Hal pertama yang harus Anda lakukan dalam merawat motor kopling setelah dipakai untuk mudik adalah dengan memeriksa oli mesinnya. Pastikan olinya tidak keruh atau berwarna coklat.

Anda juga bisa memeriksa volume oli, jika olinya bervolume rendah maka disarankan untuk mengurasnya sampai habis. Setelah itu gantilah dengan oli yang baru sesuai anjuran pabrik.

Sebagai tips Anda juga bisa menggunakan oli samping dengan kualitas terbaik dan ganti oli mesin dan oli gardan secara rutin, sesuai dengan anjuran pabrikan.

2. Bersihkan Karburator

Selain oli, karburator motor kopling 2 tak juga harus dibpersihkan. Hal ini untuk menjaga mesin tidak brebet, boros bensin, dan sulit dihidupkan.

BACA JUGA:Kekurangan dan Kelebihan Kopling Hidrolik pada Motor, Wajib Diperhatikan Para Modifikator

Namun dalam membersihkan karburator motor kopling, disarankan untuk berhati-hati dalam proses pembersihannya. 

Sebagai tips, gunakanlah pembersih karburator yang berkualitas dan lakukanlah pembersihan secara berkala, khususnya sesudah dipakai untuk perjalanan jauh.

Sumber: