5 Cara Mengoptimalkan Kinerja HP Android, Cukup Ikuti Ini Ponsel Terasa seperti Baru Lagi

5 Cara Mengoptimalkan Kinerja HP Android, Cukup Ikuti Ini Ponsel Terasa seperti Baru Lagi

5 cara mengoptimalkan kinerja HP Android-freepik-

RADAR TEGAL – Anda bisa ikuti 5 cara mengoptimalkan kinerja HP Android agar ponsel bisa terasa baru lagi. Biasanya, seiring waktu memang smartphone akan terasa lelet karena sejumlah data yang mulai mengisi penyimpanan ponsel.

Cara mengoptimalkan kinerja HP Android ini sangat mudah dan efektif untuk meningkatkan performa ponsel. Apalagi bagi pengguna Android yang sudah menggunakannya untuk jangka beberapa tahun.

Maka dari itu, Anda bisa mengikuti sejumlah cara mengoptimalkan kinerja HP Android pada artikel kali ini. Caranya sangat mudah tanpa perlu bantuan teknisi khusus, kok.

Di bawah selengkapnya 5 cara mengoptimalkan kinerja HP Android agar terasa seperti baru lagi. Anti ngelag lagi bisa bebas akses aplikasi dengan lancar.

5 cara mengoptimalkan kinerja HP Android

Meski sudah digunakan dalam waktu lama, jangan buru-buru beli ponsel baru hanya karena performanya menurun. Anda bisa mengikuti beberapa cara di bawah ini agar performa HP Android kembali lancar dan kencang. 

BACA JUGA : Tips Merakit PC Gaming Impian, Capai Performa Tinggi Bagai Mimpi yang Jadi Nyata

1. Bersihkan cache

Cache merupakan data yang disimpan aplikasi untuk mempercepat waktu respon. Sayangnya, cache ini sering terakumulasi dalam ukuran yang cukup besar sehingga bisa membuat performa HP menurun.

Anda bisa lakukan pembersihan cache pada aplikasi yang sering digunakan. Caranya di pengaturan > penyimpanan > cache. Setelah cache terhapus nanti ruang penyimpanan bisa lebih bertambah dan kinerja juga meningkat.

2. Hapus aplikasi yang tidak terpakai

Cara mengoptimalkan kinerja HP Android selanjutnya dengan menghapus aplikasi yang tidak terpakai atau jarang digunakan. Apalagi aplikasi tersebut memiliki ukuran yang cukup besar, sehingga cukup memakan ruang penyimpanan dan RAM HP.

Anda bisa hapus aplikasi tersebut lewat pengaturan atau bisa klik lama di aplikasi sampai muncul pilihan copot pemasangan atau hapus aplikasi. Minimalisir penggunaan aplikasi yang memang tidak penting agar menjaga performa HP tetap baik.

BACA JUGA : Tips Merawat Handphone Supaya Tidak Cepat Rusak dan Awet, Salah Satunya Kontinyu Hapus Cache

Sumber: