Kelebihan Mobil Hyrbrid yang Perlu Anda Ketahui, Bikin Pengin Beli!

Kelebihan Mobil Hyrbrid yang Perlu Anda Ketahui, Bikin Pengin Beli!

Kelebihan Mobil Hyrbrid.--

RADAR TEGAL – Tahukah Anda bahwa penjualan mobil hybrid di Indonesia diketahui sedang meningkat. Hal tersebut tentu menandakan bahwa pasar mobil hybrid di Indonesia sedang mengalami perkembangan yang cukup baik. Berikut ini kelebihan mobil hybrid.

Adanya penjualan mobil hybrid yang terus meningkat di Indonesia, tentu menjadikan tanda positif bagi pertumbuhan dan penerimaan mobil ramah lingkungan di pasar Indonesia. Lalu, apa saja kelebihan mobil hybrid yang perlu kita ketahui?

Dengan mengetahui kelebihan mobil hybrid tentu bisa menjadi bahan pertimbangan bagi Anda yang masih ragu untuk membeli produk yang satu ini.

Tidak hanya sebagai mobil lingkungan, kendaraan hybrid juga diketahui memiliki banyak keunggulan yang menjadikan daya tarik tersendiri. Berikut kelebihan mobil hybrid.

BACA JUGA: Trend Mobil Hybrid yang Worth It Dibeli Tahun 2024, Kendaraan Ramah Lingkungan dan Efisien

Kelebihan mobil hybrid

1. Mobil Hybrid Lebih Bertenaga

Tahukah Anda bahwa mobil Hybrid memiliki dua train berbahan bakar minyak dan motor listrik yang membuat performa mobil hybrid ini dapat bertambah, lho. Sehingga mobil hybrid masih tetap bertenaga meskipun irit bahan bakar.

2. Mobil Hybrid Irit Bahan Bakar

Mobil hybrid diketahui menggunakan dua sumber energi yakni BBM dan motor listrik. Sehingga apabila Anda jalankan di kecepatan rendah akan menggunakan motor listrik bertenaga baterai sebagai sumber tenaga kendaraan.

Sedangkan pada saat melaju dengan kecepatan tinggi, maka mobil Hybrid akan secara otomatis menggunakan BBM. Dengan dua sumber energi ini, konsumsi BBM kendaraan jadi lebih irit.

BACA JUGA: 5 Mobil Hybrid Terbaru 2024 yang Cocok untuk Mudik Lebaran Mulai dari Hyundai Ioniq sampai Suzuki Ertiga

3. Mesin dan Transmisi Mobil Hybrid Lebih Halus

Diketahui kendaraan hybrid memiliki suara mesin yang lebih halus apabila Anda bandingkan dengan mesin mobil konvensional. Ditambah lagi apabila Anda menggunakan BBM dengan kandungan oktan minimal 93 suara  mesin akan lebih halus lagi.

Kemudian, pada sistem transmisi gigi pada mobil hybrid juga lebih halus karena sudah menggunakan teknologi continuously variable transmission (CVT). Sehingga perpindahan gigi akan cenderung tidak terasa.

4. Mobil Hybrid Tidak Perlu Di-charge

Tahukah Anda bahwa baterai mobil hybrid melakukan pengisian daya pada saat pengereman regeneratif. Pada saat pedal rem diinjak, motor listrik akan bergerak mundur dan bertindak sebagai generator untuk mengisi daya baterai.

Selain mengetahui kelebihan mobil Hybrid, Anda juga perlu mengetahui dua mobil Toyota hybrid beserta spesifikasinya sebagai berikut.

BACA JUGA: 10 Tips Merawat Baterai Mobil Hybrid, Dijamin Mobiltas Sehari-hari Semakin Optimal dan Lancar

1. Kinjang Innova Zenix HEV

Mobil yang satu  ini dibekali dengan mesin TNGA 2.000 cc berkode M20A-FXS 1.987 cc empat silinder Dual VVT-i bertenaga 152 PS pada 6.000 rpm dengan torsi maksimal 187,3 Nm pada 4.400 -5.200 rpm. Untuk mesin bensin tersebut, dikawinkan dengan motor listrik berdaya 113 PS dengan torsi maksimal 205,9 Nm.

Sehingga menghasilkan kolaborasi mesin bensin dan motor listrikyang dapat memuntahkantenaga gabungan hingga 186 PS. Mobil yang satu ini juga dibalut dengan baterai Hybrid Ni-MH yang dikemas dalam paket compact dan disimpan di bawah kedua jok depan tanpa mengurangi ruang di area kabin.

Tidak hanya itu, Toyota Kijang Innova Zenix juga sudah dilengkapi dengan transmisi CVT berkode A120.

Dengan transmisi tersebut, mengkombinasikan sabukbaja dan gigi transmisi yang dapat memperlebar jangkauan rasio transmisi. Mode sequential shiftmatic 10-speed diadopsi untuk memungkinkan perpindahan gigi seperti transmisi manual.

BACA JUGA: Rekomendasi 7 Mobil Hybrid Toyota yang Irit BBM, Ramah Lingkungan namun Tetap Bertenaga

Terdapat juga uphill dan downhill shift control untuk melewati rute pegunungan. Khusus tipe Hybrid, ditambahkan mode berkendara EV selain Eco, Normal, dan Power.

2. Mobil Corolla Cros HEV

Corolla Cross Hybrid GR-Sport dibekali dengan mesin 2ZR-FXE 1.798 cc 4-silinder DOHC dengan teknologi VVT-i bertenaga 98 PS pada 5.200 rpm dan torsi 14,5 Kgm pada 3.600 rpm.

Motor listriknya diketahui mampu menghasilkan daya 72 PS dan torsi 16,6 Kgm. Adanya kombinasi tenaga keduanya disalurkan ke roda depan lewat transmisi CVT yang halus dan responsif.

Mobil tersebut juga memiliki driving mode yang terdiri atas opsi EV untuk berkendara halus tanpa bensin dan zero emission. ECO untuk mengemudi hemat bensin, dan SPORT untuk memaksimalkan seluruh potensi daya yang dimiliki.

BACA JUGA: 4 Pilihan Mobil Hybrid Paling Laris di Tahun 2023, Nomor 1 Punya Toyota

Demikian ulasan mengenai kelebihan mobil hybrid. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: