Jalan Menuju Objek Wisata Kabupaten Tegal Rawan Macet Pasca Lebaran, di Sini Titiknya

Jalan Menuju Objek Wisata Kabupaten Tegal Rawan Macet Pasca Lebaran, di Sini Titiknya

ARUS MUDIK- Sekda Kabupaten Tegal Amir Makhmud saat mengunjungi pos terpadu pada Minggu, 7 April 2024 malam.-Istimewa-Radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Jalan menuju objek wisata Kabupaten Tegal rawan macet pasca-Lebaran. Hal ini disampaikan Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod Zakun saat memastikan pengamanan arus mudik di Kabupaten Tegal berjalan lancar bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tegal Amir Makhmud, Minggu, 7 April 2024 malam.

Kapolres Tegal menjelaskan sejumlah titik rawan kemacetan di luar objek wisata Kabupaten Tegal. Di antaranya pada jalur tengah di Kecamatan Adiwerna-Pasar Banjaran dan jalur selatan di flyover Klonengan, Kecamatan Margasari.

Sementara pasca-Lebaran, rawan kemacetan akan terjadi di ruas jalan menuju objek wisata Kabupaten Tegal seperti ruas jalan arah Purwahamba Indah (Purin), ruas jalan arah Waduk Cacaban dan ruas jalan Yomani-Guci.

“Pasca lebaran kita akan fokus ke titik-titik objek wisata terutama di ruas jalan Yomani-Guci yang rawan kemacetan,” ujarnya.

BACA JUGA: 5 Daftar Wisata di Kawasan Pemandian Air Panas Guci Tegal, Siap Dikunjungi saat Musim Libur Lebaran

Rekayasa lalu lintas seperti buka tutup arus kendaraan akan diterapkan jika terjadi lonjakan pengguna jalan. Termasuk penempatan personel sebagai pagar betis di titik-titik kepadatan serta penguraian kemacetan.

Seiring dengan itu, Komandan Kodim 0712/Tegal menuturkan jika Kodam IV/Diponegoro melalui Yonif Raiders 400 telah mengerahkan sekitar 60 personel untuk bergabung dalam pengamanan lalu lintas di Kabupaten Tegal.

“Kami sudah menerjunkan dua peleton atau satuan pasukan untuk ditempatkan di titik-titik rawan yang tentunya sudah kami koordinasikan dengan Polres Tegal,” ujarnya.

Ia pun mengimbau agar masyarakat bisa menjaga kondusifitas di lingkungannya masing-masing menjelang, saat maupun pasca Lebaran Idul Fitri tahun 2024 ini.

BACA JUGA: 4 Rekomendasi Wisata Alam di Brebes Terbaru 2024, Salah Satunya Konon Pernah Dijadikan Kamp Penyiksaan

“Kami berharap warga masyarakat bisa ikut menjaga keamanan di masing-masing lingkungannya agar perayaan hari besar keagamaan ini bisa berjalan baik dan khusyuk,” tutupnya. 

Selain bersama Sekda, Komandan Kodim 0712/Tegal Letkol Inf Suratman juga ikut meninjau sejumlah Pos Terpadu Operasi Ketupat Candi, antara lain di Taman Rakyat Slawi, LIK Kramat dan Exit Tol Adiwerna, 

Ditemui usai meninjau Pos Terpadu Exit Tol Adiwerna, Amir menuturkan arus lalu lintas mudik di Kabupaten Tegal relatif lancar. Meskipun demikian, ia meminta personel gabungan selalu dalam kondisi siaga.

Dirinya juga mengimbau masyarakat agar berhati-hati saat berkendara dan mematuhi rambu lalu lintas. Sebab menurutnya, menjelang Lebaran Idul Fitri ini pergerakan masyarakat akan melonjak sehingga rawan terjadi kecelakaan lalu lintas.

Sumber: