6 Penyakit Toyota Avanza Generasi ke Tiga yang Kelewat Bikin Jengkel Pengguna, jangan Beli Kalau Belum Siap

6 Penyakit Toyota Avanza Generasi ke Tiga yang Kelewat Bikin Jengkel Pengguna, jangan Beli Kalau Belum Siap

5 Penyakit Toyota Avanza Generasi ke Tiga yang Kelewat Bikin Jengkel Pengguna, jangan Beli Kalau Belum Siap --Image Edit Using CorelDraw|Dimas Adi Saputra

3. Material Plastik 

Kekurangan lainnya dari Avanza generasi ketiga adalah penggunaan material plastik yang cukup banyak pada interiornya. Hal ini membuat kesan pada mobil ini terasa murahan dan kurang berkelas. 

Selain itu, beberapa pengguna juga mengeluhkan suara keras pada bagian pintu bagasi belakang yang terdengar saat melewati jalan rusak. Suara keras ini kemungkinan besar disebabkan oleh kualitas material pintu bagasi yang kurang baik.

4. Transmisi CVT Sering Bermasalah

Kendati performa yang ditawarkan Avanza gen ke tiga ini lebih unggul menggunakan transmisi CVT, teknologi ini tidak luput dari kekurangan. Beberapa pengguna mengeluhkan masalah pada transmisi ini seperti hentakan yang terasa saat perpindahan gigi, terutama dari gigi 1 ke gigi 2 dan dari gigi 2 ke gigi 3. 

BACA JUGA: Mobil Bekas Pajero Sport 2015 Sekarang Seharga Daihatsu Xenia, Pas Dipakai Mudik Tahun Ini

Selain hentakan, beberapa pengguna juga melaporkan adanya suara dengungan yang muncul dari transmisi CVT, terutama saat mobil dalam keadaan idle atau saat akselerasi. Suara dengungan ini bisa terdengar cukup mengganggu dan membuat pengendara tidak nyaman.

5. Engine Brake Kurang Halus

Engine brake dari Toyota Avanza generasi ke tiga ini, sayangnya kurang halus, sehingga membuat pengguna akan merasakan kasar pada saat mengangkat kaki dari pedal gas. Karena engine brake yang kasar ini juga, membuat pengguna harus bisa menyesuaikan diri ketika mengemudi.

6. Ban Depan Cepat Sobek

Penyakit terakhir dari Toyota Avanza generasi ke tiga adalah ban depanya yang cepat sobek kerana penggunaan sistem penggerak roda depan (FWD). Sejatinya sistem FWD memang memiliki konsekuensi yakni ban depan yang mudah sekali botak.

Selain itu beban muatan pada kabin maupun bagasi membuat ban depan cepat aus, rutama saat digunakan di jalanan yang ramai dan sering mengalami stop-and-go. Selain itu, penggunaan ban berprofil tipis pada Avanza generasi ketiga juga turut memperparah masalah ini.

BACA JUGA: Murah BGT, Simulasi Kredit Syariah Daihatsu Xenia Terbaru, dengan Cicilan Rp3 Jutaan per Bulan DP Cuma Segini

Akhir kata

Nah jadi itulah 6 penyakit dari Toyota Avanza generasi ke tiga yang bisa dibilang umum dialami oleh seluruh penggunanya. Bagaimana masih tertarik untuk membeli mobil MPV ini? Semoga bermanfaat.(*)

Sumber: