800 Paket Sembako Murah di Brebes Diserbu Warga

800 Paket Sembako Murah di Brebes Diserbu Warga

Pj Bupati saat memantau pelaksanaan GPM di DPKP Brebes.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) di Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) setempat. Sebanyak 800 paket sembako murah disiapkan oleh pemkab Brebes berkolaborasi dengan Kantor Perwakilan BI Tegal.

GPM yang menjual beras dan paket sembako murah di Brebes di bawah harga pasar diserbu ratusan warga. Mereka rela antri berdesakan sejak pukul 06.00 WIB meski penjualan baru dilayani pukul delapan pagi.

Mereka rela antre untuk mendapatkan paket sembako murah di Brebes itu. Paket tersebut terdiri dari beras, minyak goreng, dan gula pasir. 

Dalam GPM ini, warga di Brebes mendapatkan paket sembako murah berupa 5 kg beras, 1 liter minyak goreng kemasan, dan 1 kg gula pasir dengan harga lejih murah di pasaran. Yakni, dijual Rp80 ribu per paket.

BACA JUGA:  Emak-emak Rela Antre Sejak Pagi Biar Bisa Dapat Paket Sembako Murah di Tegal

Jika menggunakan aplikasi Q-ris warga cukup membayar Rp75 ribu per paket. Ada selisih harga sebesar Rp 16 ribu lebih murah dibandingkan membeli di pasar. 

Salah seorang warga, Siti Aisyah, mengaku membeli paket sembako murah dirinya harus antre berdesakan selama dua jam. Dia menyebut, warga juga membawa anak dan balita juga ikut mengantre.

"Tadi antre lama, ada dua jam antre. Tapi daripada membeli di pasar harganya lebih mahal," ungkapnya. 

Dia mengaku, pembelian paket ini dibatasi, yaitu satu orang satu paket. Untuk mencegah pembelian lebih dari satu paket warga harus mencelupkan jari ke dalam tinta.

BACA JUGA:  500 Paket Sembako Murah Dijual di 4 Titik Operasi Pasar Kabupaten Tegal, Harganya Cuma Rp85 Ribu

Dalam waktu kurang dari satu jam, 800 paket sembako murah ludes terjual. Warga berharap, pasar murah terus dilakukan hingga mendekati Lebaran. 

Sementara itu, Pj Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar mengatakan, meluangkan waktu bersama pihak terkait menggelar bazar Ramadhan menjelang Lebaran Idul Fitri. Ini tidak lain untuk memenuhi kebutuhan Ramadhan Idul Fitri ini disediakan paket sembako murah sebanyak 800 paket.

“Dengan uang Rp85 ribu warga sudah bisa mendapatkan 5 kg beras, 1 liter minyak goreng, dan 1 kg gula pasir. Di sini harganya lebih murah, ada selisih harga sekitar Rp16 ribu per paket,” simpulnya. (*)

Sumber: