Agar Tidak Mudah Termakan Hoax, 60 Anggota Pramuka se Kabupaten Tegal Belajar Jurnalistik dalam Bimtek

Agar Tidak Mudah Termakan Hoax, 60 Anggota Pramuka se Kabupaten Tegal Belajar Jurnalistik dalam Bimtek

PELATIHAN - Wartawan Radar Tegal Yeri Noveli saat memberikan materi jurnalistik kepada 60 anggota Pramuka se Kabupaten Tegal, di Sanggar Bakti Pramuka Kwarcab Kabupaten Tegal, Jumat 29 Maret 2024-Istimewa-Radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Agar tidak mudah termakan hoax atau berita bohong, 60 anggota Pramuka se Kabupaten Tegal belajar jurnalistik pada Jumat 29 Maret 2024. Kegiatan itu digelar Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Tegal dalam Bimbingan teknis (Bimtek).

Para anggota Pramuka se Kabupaten Tegal ini belajar di Sanggar Bakti Pramuka Kwarcab setempat. Yeri Noveli, wartawan Radar Tegal menjadi salah satu pemateri dalam kegiatan itu.

Ketua Kwarcab Kabupaten Tegal Widodo Joko Mulyono menjelaskan, bimtek bagi anggota Pramuka se Kabupaten Tegal ini merupakan rangkaian dalam pemilihan Duta Humas Kwartir Cabang Tegal.

Sehingga kegiatan ini fokus pada materi yang berhubungan dengan kehumasan. Utamanya soal jurnalistik, media masa, teknik wawancara, fotografi dan cara menyusun berita. 

BACA JUGA: Hadirkan Karya Jurnalistik Lebih Fresh, Dahlan Iskan Harap Disway Group Bisa Jadi 'Agama Baru'

Menurut Joko, kegiatan ini sangat bagus untuk mengembangkan kemampuan adik-adik Pramuka se Kabupaten Tegal dalam mengelola berita yang dikemas rapi ke bentuk tulisan. 

"Serap seluruh ilmu yang diberikan oleh pemateri-pemateri supaya kalian dapat mengimplementasikannya dalam kegiatan kepramukaan. Jadilah pewarta yang selalu mengedepankan fakta, mari bersama menjadi Pramuka yang tidak mudah termakan hoax," kata mantan Sekda Kabupaten Tegal ini yang akrab disapa Dokter Joko.

Dia berharap, para anggota Pramuka se Kabupaten Tegal ini bisa menjadi kantor berita yang dapat menyampaikan informasi kebenaran kepada masyarakat. Terutama soal problem atau informasi aktual yang sedang terjadi saat ini dan yang akan datang.

"Kegiatan ini diikuti 60 anggota Pramuka Penegak dan Pandega se Kabupaten Tegal," imbuhnya. (*) 

Sumber: