Gempa Tuban Terasa Sampai di Tegal, Penghuni Kos Panik Berhamburan Keluar

Gempa Tuban Terasa Sampai di Tegal, Penghuni Kos Panik Berhamburan Keluar

GEMPA TUBAN- Meski lokasinya cukup jauh di Jawa Timur, gempa Tuban terasa sampai di Tegal, Jumat 22 Maret 2024. -tangkapan layar-

RADAR TEGAL- Terasa sampai di Tegal, gempa Tuban yang terjadi Jumat, 22 Maret 2024 membuat heboh sejumlah warga yang merasakannya. Salah satunya penghuni kos di wilayah Kota Tegal yang panik berhamburan keluar.

Gempa Tuban yang terasa sampai tiga kali di Jawa Timur itu dapat dirasakan warga Tegal sekira pukul 15.52 WIB. Getaran gempa berdurasi sekitar 7 detik itu membuat anak-anak kos yang tinggal di lantai dua, panik dan segera turun. 

"Saya kira goyangan itu karena kepala pusing, eh ternyata gempa," kata Sari, penghuni Kost The Kila di Jalan Halmahera Tegal Timur usai merasakan gempa Tuban di Tegal. 

Selain dirinya, ternyata banyak warga yang ikut merasakan gempa Tuban tersebut. Bahkan sebagian warga berteriak agar penghuni kos segera turun dan keluar rumah. 

"Saat itu saya dan teman-teman pun langsung turun dan warga juga sudah berkumpul di luar," akunya. 

Serupa dikatakan warga setempat, Dafa. Dia mengaku merasakan goyangan gempa Tuban hingga tiga kali. 

"Goyangan gempa pertama, saya cuek. Baru goyangan gempa ke dua dan ketiga yang besar dan saya pun langsung berlari ke luar," ungkapnya. 

Dafa mengaku saat gempa Tuban terjadi, dirinya sedang duduk di kursi bersama dengan ibunya tengah  ngobrol. 

"Ya semuanya merasakan gempa. Bahkan saya teriak agar anak-anak kos turun dan keluar rumah. Sebab kos yang di depan rumah memiliki dua lantai," bebernya. 

Gempa Tuban berkekuatan M6,0

Mengutip dari situs resmi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI, gempa Tuban berkekuatan M6,0. Gempa tersebut mengguncang Kabupaten Tuban, Jawa Timur, pada Jumat, 22 Maret 2024 siang pukul 11.22 WIB. 

Abdul Muhari, Ph.D., kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa dan dan pantau informasi terkini dari instansi berwenang seperti BNPB, BMKG, serta pemerintah daerah setempat untuk menghindari misinformasi.

Menurutnya, gempa Tuban berpusat di laut dengan titik episentrum 5.74 LS dan 112.32 BT dengan kedalaman 10 Km.

Berdasarkan laporan Pusat Pengendalian dan Operasi (Pusdalops) BNPB, gempa tercatat berada di lokasi 132 km TimurLaut Tuban-Jatim, 152 km TimurLaut Rembang-Jateng, 153 km BaratLaut Lamongan-Jatim, dan 175 km BaratLaut Surabaya-Jatim. 

Sumber: