Menguak 7 Cerita Mitos Gunung Sumbing, Ada Peri di Puncak Gunung?

Menguak 7 Cerita Mitos Gunung Sumbing, Ada Peri di Puncak Gunung?

--

RADAR TEGAL - Gunung Sumbing yang terletak di Jawa tengah yang meliputi tiga kabupaten seperti, Kabupaten Magelang, Kabupaten Temanggung, dan Kabupaten Wonosobo menyimpan cerita mitos yang berkembang hingga saat ini. Gunung tersebut merupakan gunung tertinggi ketiga di Jawa Tengah setelah Gunung Slamet dan Gunung Semeru, yang memiliki ketinggian 3.371 mdpl.

Gunung Sumbing yang menyimpan cerita mitos itu sangat terkenal di kalangan para pendaki karena pesona alam yang indah serta jalur pendakiannya cukup menantang.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa dibalik keindahan Gunung sumbing, menyimpan 7 cerita mitos Gunung Sumbing yang bikin merinding. Boleh percaya atau tidak, Gunung Sumbing masih kental akan mitos yang diturunkan dari para leluhur.

Penasaran tentang cerita mitos Gunung Sumbing? ini 7 cerita mitos penuh misteri Gunung Sumbing buat kamu! Baca sampai habis yaaa...

BACA JUGA: 7 Cerita Mitos Gunung Slamet, sang Atap Jawa Tengah yang Kerap Bikin Merinding dan Bulu Kuduk Berdiri

1. Orang Tua Menghisap Menyan

Mitos Gunung Sumbing yang pertama pasti sudah buat kamu bertanya-tanya. Jangan kaget jika kamu bertemu dengan orang tua beraksen jawa yang tengah berdiri di sepanjang jalur trek pendakian sambil menghisap menyan. 

Kemenyan merupakan material yang sangat disukai oleh makhluk tak kasat mata. Sampai sekarang belum ada alasan kenapa orang tua melakukan itu. Merinding!, jadi orang tua yang sering dilihat pendaki manusia atau hantu yaaa

2 Peri di Puncak Gunung

Cerita mitos Gunung Sumbing satu ini terdengar lucu yaitu peri di puncak gunung. Banyak pendaki sering melihat makhluk bercahaya di kawasan puncak Gunung Sumbing, penduduk setempat meyakini makhluk bercahaya itu peri-peri kecil.

Namun, banyak juga yang mempercayai bahwa makhluk kecil itu bukan peri, melainkan jin penunggu gunung untuk memperdaya pendaki.

BACA JUGA: 6 Misteri Gunung Salak dan Mitos, Konon Terdapat Kerajaan Gaib Pajajaran yang Melegenda hingga Saat Ini

3. Rombongan Jubah Putih

Penampakan yang satu ini juga sering dilihat para pendaki. Biasanya pendaki akan melihat sosok ini tengah berkumpul layaknya sedang rapat sambil komat-kamit menggunakan jubah putih bersih.

Sumber: