Pj Gubernur Jateng Tinjau Banjir di Jepara dan Demak: Tanggul-tanggul yang Ada Akan Dievaluasi

Pj Gubernur Jateng Tinjau Banjir di Jepara dan Demak: Tanggul-tanggul yang Ada Akan Dievaluasi

BANJIR- Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana meninjau lokasi banjir di Jepara dan Demak, Senin 18 Maret 2024.-Istimewa-Radartegal.disway.id

"Tanggul-tanggul yang ada akan dievaluasi dan secara bertahap akan melakukan perbaikan," katanya. 

Evaluasi itu perlu dilakukan mengingat berdasarkan informasi BMKG, cuaca di Jawa Tengah selama sepekan ke depan masih berpotensi hujan ekstrem. Oleh karenanya, tanggul sungai perlu diperkuat. 

BACA JUGA: 6 Daerah di Jawa Tengah Banjir, Pemprov Jateng Segera Lakukan Ini

Selain evaluasi tanggul-tanggul. Langkah lain adalah teknologi modifikasi cuaca (TMC) yang saat ini sudah dilakukan sampai lokasi banjir benar-benar surut atau tanggul selesai ditutup.

Sementara itu, Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto mengatakan, banjir di Jepara dan Demak, sama-sama disebabkan oleh tanggul Daerah Aliran Sungai (DAS) Wulan yang jebol. Dua daerah tersebut sama-sama dilintasi DAS Wulan. 

Dikatakan dia, kejadian di Demak ini menjadi perhatian serius karena melumpuhkan Jalur Pantura.

"Kita sudah punya pengalaman langsung menangani banjir serupa di tempat yang sama. Cuma karena debit air lebih tinggi sehingga terkesan yang terdampak lebih luas," jelas Suharyanto.

Ia akan terus berkoordinasi dengan Kementerian PUPR untuk memperbaiki tanggul-tanggul sungai. Jangan sampai ada lagi tanggul yang tidak kuat sehingga tidak mampu menahan debit air sungai yang tinggi. (*)

Sumber: