Siap-siap, 3 Kali Seleksi CPNS 2024 Akan Digelar Tahun Ini

Siap-siap, 3 Kali Seleksi CPNS 2024 Akan Digelar Tahun Ini

Walikota Tegal menghadiri rakor persiapan pembukaan seleksi CPNS 2024 di Jakarta--

RADAR TEGAL - Pemerintah berencana akan menggelar Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024. Tak tanggung-tanggung, tahun ini seleksi akan dilaksanakan sebanyak 3 kali di tahun ini.

Rencana seleksi CPNS 2024 itu, disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB), Abdullah Azwar Anas saat memberi arahan dalam rakor persiapan pengadaan CPNS. Kegiatan berlangsung di Jakarta Kamis 14 Maret 2024.

Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono berkesempatan hadir dalam kegiatan rakor pengadaan Seleksi CPNS 2024 itu. Turut mendampingi, Sekretaris Agus Dwi Sulistyantono dan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Tegal, Slamet Wahyono.

Menurut MenPAN-RB, di 2024 ini untuk pertama kalinya seleksi CPNS akan dilaksanakan sebanyak tiga kali dalam setahun. Sehingga akan memberikan kesempatan bagi mereka atau instansi yang belum terpenuhi terkait dengan kelulusan yang benar.

BACA JUGA: 8 Tips Lolos Masuk Seleksi CPNS yang Bisa Diterapkan Mulai Sekarang Juga

"Untuk eks Tenaga Honorer Kategori (THK) II menjadi prioritas yang harus tuntas pada tahun ini. Karenanya, tolong Bapak Bupati dan Walikota, usulkan formasi kepada mereka yang ada di eks-THK II," ujar Anas.

Menteri PAN RB menyampaikan seluruh tenaga non ASN yang telah masuk database Badan Kepegawaian Negara (BKN) sebesar 2,3 juta. Sekarang sisa 1,7 juta dan akan diselesaikan di 2024 ini.

Plt Deputi SDM Aparatur KemenpanRB, Aba Subagja dalam laporannya menyampaikan rakor ini bertujuan untuk menyamakan presepsi. Terkait dengan pengadaan ASN di 2024, khususnya dalam rangka penyelesaian tenaga non asn atau eks-THK II.

"Serta pemenuhan SDM IKN khususnya di Instansi pusat serta membangun komitmen bersama untuk pemenuhan talenta digital. Khususnya untuk para fresh graduate, tenaga fungsional di lingkungan aktif termasuk tenaga kesehatan dan tenaga guru," ujarnya.

BACA JUGA: Mei-Juni, Pemerintah Mulai Buka Pendaftaran Seleksi CPNS

Rakor Persiapan Pengadaan ASN tahun 2024 juga turut dihadiri Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim dan Menteri ATR/BPN, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Wali Kota Tegal berkesempatan berjabat tangan dan berdialog dengan AHY saat berada di Hotel Bidakara. 

Demikian informasi terkait rencana pengadaan seleksi CPNS 2024 yang akan diselenggarakan sebanyak 3 kali di tahun ini. (*)

Sumber: