Bacaan Bilal Tarawih 11 Rakaat Lengkap Cara Menjawabnya PDF, Unduh Disini!

Bacaan Bilal Tarawih 11 Rakaat Lengkap Cara Menjawabnya PDF, Unduh Disini!

TARAWIH: Bacaan bilal tarawih 11 rakaat lengkap cara menjawabnya--

RADAR TEGAL - Ibadah Sholat Tarawih merupakan ibadan Sunnah selama bulan Ramadhan. Kamu bisa mengunduh bacaan bilal tarawih 11 rakaat PDF disini.

Bacaan bilal tarawih 11 rakaat berikut lengkap dengan cara menjawabnya. Anda bisa mendownloadnya dengan mudah dan cukup ikuti link di bawah ini.

Dengan mengunduh bacaan bilal tarawih 11 rakaat, maka Anda tidak perlu lagi menulisnya dan tingga di cetak saja jika akan membacanya.

Berikut bacaan bilal tarawih 11 rakaat lengkap cara menjawabnya yang bisa Anda ketahui. Simak artikel ini sampai akhir untuk informasi selengkapnya.

BACA JUGA: Keistimewaan 10 Hari Pertama Amalan Bulan Ramadhan, Lakukan dengan Istiqomah, Pahala dan Berkah Terus Mengalir

Bacaan bilal tarawih 11 rakaat

Shalat Tarawih merupakan ibadah salat sunnah yang dikerjakan pada bulan Ramadan setelah shalat Isya dan sebelum shalat Subuh. Dalil dari pelaksanaan shalat Tarawih terdapat dalam hadis yang diriwayatkan oleh Aisyah r.a. yang berbunyi:

"Rasulullah SAW shalat di bulan Ramadhan dan beliau tidak pernah shalat lebih dari 11 rakaat dalam setiap malam, baik pada bulan Ramadan maupun di luar bulan Ramadan. Beliau shalat empat rakaat, dan tidak ada shalat yang lebih indah dari shalat beliau. Beliau kemudian shalat empat rakaat lagi dan tidak ada shalat yang lebih indah dari shalat beliau. Beliau kemudian shalat tiga rakaat terakhir." (HR. Bukhari dan Muslim)

Dari hadis tersebut, dapat diambil pemahaman bahwa shalat Tarawih dilakukan oleh Rasulullah SAW pada bulan Ramadhan dan beliau menetapkan jumlah rakaat maksimal sebanyak 11 rakaat dalam satu malam, dengan cara empat rakaat, lalu empat rakaat, dan dilanjutkan dengan tiga rakaat terakhir.

Namun, meskipun Rasulullah SAW menetapkan jumlah rakaat maksimal sebanyak 11 rakaat, dalam prakteknya umat Islam di seluruh dunia melakukan shalat Tarawih dengan jumlah rakaat yang berbeda-beda, seperti 8 rakaat, 12 rakaat, atau 20 rakaat, tergantung pada tradisi dan kebiasaan di masing-masing daerah.

Berikut tata cara sholat tarawih 11 rakaat:

  • Setelah shalat isya, disunnakan shalat ba'diyah Isya 2 rakaat.
  • Mulai shalat tarawih 2 rakaat, tanpa diawali iqamat atau bacaan apapun.
  • Istirahat sejenak
  • Shalat tarawih 2 rakaat, tanpa diawali bacaan apapun
  • Istirahat sejenak
  • Shalat tarawih 2 rakaat, tanpa diawali bacaan apapun
  • Shalat tarawih 2 rakaat, tanpa diawali bacaan apapun
  • Istirahat sejenak
  • Shalat witir 2 rakaat
  • Shalat witir 1 rakaat
  • Membaca doa setelah witir
  • Selesai

BACA JUGA:Salat Tarawih di Masjid Ar-Rahman Blitar, Ganjar; Serasa Salat di Madinah

Untuk menjalankan ibadan Sholat Tarawih yang sah ada beberapa syat yang harus dipenuhi, diantaranya:

1. Shalat Tarawih harus dilakukan setelah shalat Isya dan sebelum shalat Subuh, di waktu malam. Boleh langsung dilakukan setelah shalat isya boleh juga diakhirkan di akhir malam.

2. Shalat Tarawih harus dilakukan dengan niat yang tulus dan sungguh-sungguh sebagai ibadah kepada Allah SWT.

Sumber: