Pantau Harga Sembako di Brebes, Pj Bupati Blusukan ke Pasar Jatibarang

Pantau Harga Sembako di Brebes, Pj Bupati Blusukan ke Pasar Jatibarang

Pj Bupati saat memantau harga sembako di Pasar Jatibarang.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Jelang Ramadan, Pj Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar mematau harga sembako di Pasar Jatibarang, Jumat 8 Maret 2024. Dirinya akan mengintervensi bila kedapatan harga melonjak tinggi agar segera turun. 

“Jika ada harga kebutuhan masyarakat tidak terkendali maka saya akan melakukan intervensi (campur tangan) sampai harga kembali stabil,” ungkapnya.

Perbincangannya dengan para pedagang, dirinya mendapatkan informasi ada beberapa harga sembako dan bahan pangan lain yang naik. Di antaranya tomat dan bawang merah naik, sedangkan beras belum juga turun.

Untuk harga bawang merah saat ini Rp25 ribu per kilogram yang awalnya Rp20 ribu per kg. Untuk harga cabai keriting Rp60 ribu per kg, cabai hijau Rp20 ribu per kg, dan tomat Rp10 ribu per kg. Untuk kenaikan harga rata-rata sebanyak 3-5 persen dari harga sebelumnya. 

Pantauan harga sembako di Brebes

Begitu juga saat berbincang dengan pedagang daging. Baik pedagang daging sapi, daging kambing dan pedagang lainnya. Didapatkan informasi harga daging sapi Rp150 ribu per kg, iga sapi Rp120 ribu per kg, daging kambing Rp l190 ribu per kg, ayam pedaging Rp40 ribu per kg, dan ikan bandeng Rp26 ribu per kg. 

Sementara untuk menstabilkan harga beras berhenti bekerja sama dengan Perum Bulog Cabang Pekalongan menggelar operasi pasar berupa penjualan beras Bulog. Iwan juga melayani langsung masyarakat yang membeli memator harga Rp54 ribu dalam kemasan 5 kilogram.

“Hari ini Bulog menjual beras murah seharga Rp10 ribu per kilogram, padahal di luar sana bisa mencapai Rp17 ribu,” jelasnya.

Dengan pasar murah ini, kata dia, dia berharap dapat menekan harga-harga kebutuhan masyarakat terutama harga beras. Dalam sekejap, sebanyak 400 kantong Beras kemasan 5kg lunas terjual.

Salah seorang pembeli Ratnawati mengaku senang adanya pasar murah karena bisa membantu masyarakat kecil yang membutuhkan beras ditengah harga beras yang melambung tinggi. Ratna berharap kegiatan ini kalau bisa diadakan setiap hari, setidaknya seminggu sekali.

"Walau berdesak-desakan, saya senang bisa beli beras murah. Kalau bisa diadakan setiap hari apa seminggu sekali," pungkasnya.

Demikian informasi tentang harga sembako di Kabupaten Brebes menjelang Ramadan. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: