Akses 2 Desa di Salem Brebes Terputus, Aksi Relawan Evakuasi Orang Sakit Berlangsung Dramatis

Akses 2 Desa di Salem Brebes Terputus, Aksi Relawan Evakuasi Orang Sakit Berlangsung Dramatis

Tim relawan saat mengevakuasi warga Desa Gandongan yang hendak berobat. Perlu perjuangan yang ekstrim lantaran akses jalan di desa tersebut terputus akibat longsor.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Hingga saat ini akses 2 desa di Salem, Brebes terputus dan masih terisiolir. Kedua desa itu yakni Desa Gandoang dan Kedumanis.

Bahkan, tim relawan harus berjibaku dalam mengevakusi salah seorang warga yang akan berobat. Aksi dramatis relawan saat 2 desa di Salem, Brebes terputus terekam dalam video yang tersebar melalui WhatsApp Group (WAG).

Dalam video, tampak relawan mengevakuasi warga dari salah satu desa di Salem, Brebes yang terputus tersebut. Tim relawan terlihat menolong warga Gandoang yang hendak berobat ke Puskesmas Bentar.

Hingga saat ini akses menuju Desa Gandoang dan Desa Kedumanis masih sulit diakses oleh kendaraan biasa. Meski bisa dilalui roda dua, hanya roda dua jenis trabas yang bisa mengakses jalan di 2 desa di Salem, Brebes yang terputus.

BACA JUGA: Akses Terputus, Jalan ke Desa Dermasuci Tertutup Pohon Tumbang

Camat Salem Wartoid membenarkan bahwa video yang beredar itu merupakan tim relawan saat hendak menolong warga Gandoang yang hendak berobat.

"Iya, tm relawan saat itu hendak menolong warga yang hendak berobat," ujarnya, Minggu 2 Maret 2024.

Wartoid menyampaikan, hingga saat ini akdes menuju 2 desa di Salem, Brebes yang terputus tersebut hanya bisa dilakui dengan berjalan kaki. Sehingga, tim relawan menandu warga yang hendak berobat itu dan berjalan kaki.

Dalam kesempatan itu, Wartoid juga menyampaikan ada salah satu pedukuhan di Desa Ciputih yang juga akses jalannya terputus. Hal ini dikarenakan longsor yang terjadi beberapa waktu lalu.

BACA JUGA: 5 Rumah di Brebes Terancam Longsor, 3 Lainnya Rusak Berat usai Sungai Kuya Meluap

"Ada satu pedukuhan di Desa Ciputih yang juga akses jalannya terputus. Kami berharap, akes jalan ini bisa kembali normal," terangnya.

Terpisah, Kades Ciputih Slamet Becco mengatakan, sedikitnya ada 115 rumah di Desa Tanggeran yang terisolir karena bencana longsor satu minggu yang lalu. Tepatnya pada tanggal 25 Februari 2024 lalu akses desa di Salem, Brebes tersebut terputus.

"Kurang lebih total ada 115 rumah yang terisolir akibat bencana tanah longsor," pungkasnya terkait dampak bencana yang membuat akses desa di Salem, Brebes terputus. (*)

Sumber: