Gak Boleh Ngasal, Ini 7 Cara Membersihkan TV LED Agar Awet dan Tahan Lama

Gak Boleh Ngasal, Ini 7 Cara Membersihkan TV LED Agar Awet dan Tahan Lama

Ilustrasi. Cara membersihkan TV LED --Freepik

RADAR TEGAL - Seperti perangkat elektronik lainnya televisi juga memerlukan perawatan dengan cara membersihkannya secara rutin.Namun terkadang masih banyak yang bingung bagaimana cara membersihkan TV LED yang bisa dibilang rentan akan kerusakan.

 

Cara membersihkan TV LED ini tidak asal sembarangan loh. Karena jika Anda melakukannya secara asal-asalan maka bisa berakibat kerusakan bahkan hingga fatal.

 

Lalu bagaimana cara membersihkan TV LED yang benar? Untuk mendapatkan informasi lebih lengkapnya Anda bisa membaca artikel ini hingga tuntas.

 

Dengan mengetahui cara membersihkan TV LED ini tentunya televisi Anda di rumah bebas dari debu maupun kotoran yang menempel. Di bawah ini langkah- langkah cara membersihkan TV LED yang telah kami rangkum :

BACA JUGA:Mudah Dioperasikan, Berikut ini Smart TV dengan Kontrol Suara, Tak Perlu Pencet-pencet Remote

1.Baca Buku Panduan Manual Televisi

 

Untuk yang pertama yang bisa Anda lakukan adalah membaca buku panduan manual yang biasa didapatkan saat membelinya. Di dalamnya ada beberapa produk pembersih yang tidak direkomendasikan untuk digunakan saat membersihkan televisi.

 

2.Matikan dan Cabut Kabel Televisi Anda 

 

Kemudian berikutnya yang harus Anda lakukan adalah matikan televisi sebelum  mulai membersihkannya. Selain itu jangan lupa untuk harus mencabut kabel dari stop kontak. Hal ini untuk mencegah kemungkinan adanya sengatan listrik.

 

Lalu Jangan langsung mulai membersihkan alangkah baiknya berikan waktu agar layar TV LED menjadi dingin terlebih dahulu.

 

3. Bersihkan Kotoran

 

Saat Anda ingin membersihkan televisi alangkah baiknya jangan menggunakan tisu maupun kertas yang kasar karena bisa mengakibatkan layar televisi menjadi baret. Jadi gunakan kain microfiber dengan cara usap layar dengan gerakan memutar dan bersihkan seluruh TV termasuk bagian tepinya. Pastikan juga untuk tidak menekan layar televisi ketikan membersihkannya.

BACA JUGA:Mau Beli Televisi Pintar Baru? Cek 8 Kelebihan dan Kekurangan Smart TV Dahulu di Sini

Selain itu  jangan menyentuh layar dengan tangan kosong saat membersihkannya karena akan meninggalkan bekas sidik jari di layar televisi LED Anda.

 

4. Gunakan Lap Basah Jika Ada Noda Membandel

 

Kemudian jika ada noda membandel pada terlebih Anda dan sulit dibersihkan maka caranya gunakan lap basah. Namun lap basah yang digunakan jangan terlalu basah. Selain itu jangan menggunakan larutan bahan kimia maupun larutan deterjen untuk membersihkan layar televisi. 

 

Jadi semprotkan cairan pembersih ke lap microfiber dan gunakan lap basah tersebut untuk membersihkan layar secara lembut Lalu harus tetap berhati-hatilah saat menyekanya karena layar dapat rusak jika Anda menekannya terlalu keras.

 

5.Bersihkan Lubang Udara Pada TV

 

Berikutnya yang tidak boleh terlewatkan adalah membersihkan lubang udara pada TV. Karena lubang udara pada TV membuat televisi tetap dingin dan dapat bekerja secara maksimal.

BACA JUGA:Paling Praktis, Cara Setting Timer di Smart TV Supaya Televisi Mati Otomatis dengan Mudah

Cara membersihkannya juga cukup mudah dengan menggunakan kemoceng atau dengan sikat yang halus. Bersihkan setidaknya sebulan sekali supaya tetap bersih dari debu maupun kotoran.

 

6. Bersihkan Bagian Colokan pada TV

 

Untuk membersihkan lubang colokan pada TV, kamu bisa menyemprotkan udara bertekanan tinggi atau kemoceng elektrik. Semprotkan udara dari luar supaya debu biar keluar dan bersihkan dengan lap microfiber yang kering.

 

7.Bersihkan Layar TV Bagian Pojok Menggunakan Kapas

 

Jika dirasa bagian pojok atau tepi pada layar televisi sulit dibersihkan menggunakan kain microfiber maka solusinya menggunakan kapas supaya debu- debu seketika bersih.

 

Penyeka kapas dapat dicelupkan ke dalam air untuk hasil yang lebih baik tapi jangan terlalu basah. Kemudian bersihkan secara hati-hati pada semua bagian pojok layar televisi.

 

Nah itulah dia beberapa cara membersihkan TV LED. Semoga apa yang kami rangkum di dalam artikel ini bermanfaat. (*)

Sumber: