5 Cara Terbebas dari Utang Pinjol, Beneran Ampuh Asalkan Komitmen!

5 Cara Terbebas dari Utang Pinjol, Beneran Ampuh Asalkan Komitmen!

5 Cara Terbebas dari Utang Pinjol. --

RADAR TEGAL – Pinjaman online (pinjol) kini telah menjadi jalan alternatif bagi mereka yang menginginkan dana tambahan secara mudah dan cepat. Bagi Anda yang ingin mengetahui cara terbebas dari utang pinjol berikut ini penjelasannya.

Kini, dari beragam kalangan sudah menggunakan layanan pinjol baik untuk kebutuhan mendesak, modal usaha, atau sekadar untuk memenuhi gaya hidup. Tak heran apabila dari mereka justru terjerat utang pinjaman online. Berikut ini cara terbebas dari utang pinjol.

Mengetahui cara terbebas dari utang pinjol merupakan langkah awal yang dapat Anda lakukan untuk bisa mencapai keuangan yang lebih sehat, lho.

Lalu, bagaimana cara terbebas dari utang pinjol? Simak ulasan ini lebih lanjut, ya.

BACA JUGA: Tak Perlu Stres, Ini 7 Solusi Utang Pinjol Cepat Terbayar, Bukan Gali Lubang Tutup Lubang

Perlu Anda ketahui bahwa berhutang bukanlah hal yang salah apabila Anda bisa mengelolanya dengan baik, ya.

Namun, apabila Anda sudah terjerat utang pinjol yang memberatkan, maka terdapat beberapa tips supaya bisa terlepas dari jeratan pinjol. Berikut penjelasannya.

Cara Terbebas dari Utang Pinjol

1. Perlu mengevaluasi utang

Tahukah Anda bahwa langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk bisa terbebas dari jeratan pinjol yakni dengan mengevaluasi utang pinjol Anda. Jadi, Anda hanya perlu mencatat semua pinjol yang Anda miliki beserta jumlah pokok, bunga, dan jatuh tempo pembayarannya, ya.

BACA JUGA: 7 Strategi Terbukti Ampuh untuk Melunasi Utang Pinjol yang Menumpuk dan Mengembalikan Kestabilan Keuangan

Dengan langkah tersebut, Anda bisa mengetahui total dari utang Anda dan merencanakan strategi untuk bisa melunasinya.

2. Kumpulkan dana untuk membayar utang

Cara berikutnya yang perlu Anda lakukan yakni dengan mengumpulkan dana untuk membayar utang tersebut. Caranya, Anda bisa mencari sumber pendapatan tambahan seperti menjual barang-barang yang sudah tidak terpakai, bekerja freelance, mencari pekerjaan sampingan, atau meminjam dari keluarga atau teman yang Anda percayai.

Selain itu, Anda juga dapat mengurangi pengeluaran yang tidak terlalu penting seperti makan di luar, berlangganan layanan streaming, atau pergi berbelanja barang-barang yang tidak penting. Dengan cara ini, Anda bisa mengalokasikan dana tersebut untuk membayar utang.

3. Hindari gali lubang tutup lubang

Tahukah Anda bahwa salah satu kesalahan yang sering orang lakukan ketika terjerat utang pinjol yakni dengan mengggunakan cara untuk melunasi utang gali lubang tutup lubang. Hal tersebut berarti, mereka mengambil pinjol baru untuk membayar tagihan pinjol yang lama.

BACA JUGA: Tak Perlu Stres, Ini 5 Cara Melunasi Utang Pinjol Tanpa Bayar Sepeser pun dan Dijamin Anti Galbay

Hal tersebut tentu tidak akan menyelesaikan masalah Anda, melainkan hanya akan menambah beban utang Anda. Oleh karena itu, Anda perlu menghindari cara tersebut, ya.

Apabila tidak terdapat pilihan lain, maka pastikan Anda mengambil pinjol baru dengan bunga yang lebih rendah dan tenor yang lebih panjang dari pinjol lama, ya. Dengan cara tersebut Anda bisa mengurangi beban cicilan Anda.

4. Hubungi perusahaan pinjol

Jika Anda merasa kesulitan dalam membayar tagihan utang, maka Anda bisa coba untuk menguhubungi perusahaan pinjol yang bersangkutan. Jelaskan mengenai kondisi keuangan Anda secara jujur dan minta keringanan pembayaran, ya.

Namun, Anda juga perlu memastikan bahwa perusahaan pinjol tersebut sudah terdaftar dan berizin di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

BACA JUGA: 6 Cara Melunasi Utang Pinjol Tanpa Bayar Sepeser Pun, Auto Lunas dan Tak Perlu Takut Lagi Diteror

Jika tidak, maka Anda bisa berisiko terkena penipuan atau intimidasi. Selain itu, Anda juga harus membaca syarat dan ketentuan yang sudah berlaku dengan seksama sebelum menyetujui keringanan pemabyaran tersebut.

5. Ajukan restrukturisasi kredit

Cara yang satu ini, khusus bagi Anda yang memiliki bayak tagihan pinjol dari beragam perusahaan. Anda dapat mengajukan restrukturisasi kredit.

Cara ini merupakan sebuah proses penggabungan beberapa hutang menjadi satu hutang dengan bunga yang lebih rendah dan tenor yang lebih panjang. Dengan begitu Anda bisa lebih mudah dalam mengatur pembayaran hutang Anda.

Selain itu, Anda juga bisa mengajukan restrukturisasi kredit melalui lembaga keuangan resmi seperti bank atau perusahaan pembiyaan.

BACA JUGA: 8 Langkah Cepat Lunasi Hutang Pinjol, Manjur dan Tak Perlu Cawe-cawe Pihak Lain

Sebelum itu, Anda perlu memenuhi syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh lembaga yang bersangkutan, ya.  Anda juga harus membayar biaya administrasi dan provisi yang sudah dikenakan.

Demikian ulasan mengenai cara terbebas dari utang pinjol. Semoga ulasan di atas bisa membantu Anda yang sedang terjerat utang pinjaman online. (*)

Sumber: